Table of Content
    Arah lubang masuk walet yang benar yakni menghadap ketempat yang lapang dan luas tanpa ada yang menghalangi begitu juga lubang antara lantai rumah walet harusnya berjarak dua atau tiga meter.

    Arah putar burung walet janganlah terlalu jaraknya dari arah lubang masuk burung LMB walet karena tidak sinkron jadinya

    Walet hanya keluar masuk pada lubang yang sama karena walet mengetahuinya melalui aroma di mana iya pertama kali masuk dan walet pun memili ukuran void walet yang pas.

    Untuk ukuran lmb walet juga jangan terlalu kecil agar walet mudah untuk masuk tapi juga terlalu besar yang membuatnya tidak nyaman karena di waspadai walet akan masuk bersamaan bahkan saling bertabrakan dan membuatnya tidak ingin masuk maka dari itu buatlah ukuran lubang masuk walet yang benar.

    Posisi Dan Syarat Membuat Rumah Walet Yang Benar

    Jarak Rumah Walet Dari Rumah Warga

    Suara bising atau telalu berisik dapat mengganggu dan menghambat masuknya walet masuk kedalam rumahnya, Karena suara rekaman walet terganggu oleh suara-suara berisik yang lain. Maka dari itu kiranya pabila anda ingin membuat rumah walet perkirakan jarak rumah walet dari rumah warga sekitar seratus meter jauhnya serta usahakan di dalam rumah walet itu lembab.


    Beberapa Hal Yang Tidak Di Sukai Burung Walet

    Perhatikan dengan seksama di mana akan berencana untuk membuat rumah burung walet, Sebaiknya anda mencari tempat yang lapang yang jauh dari pemukiman warga, Ada beberapa hal yang tidak disukai oleh burung walet salah satunya aroma yang menyengat seperti terasi, Ban, Plastik dan aroma pekat lainnya yang terbakar atau sengaja di bakar.


    Panen Sarang Burung Walet

    Adapula tata cara untuk memanen sarang burung walet, Saat yang tepat untuk panen yakni jangan terlulama membiarkan sarangnya menjadi tua atau terlalu kering karena akan merugikan anda. Panenlah pada saat walet berada di luar rumahnya agar walet tidak merasa terganggu dengan kehadiran anda. Jangn mengambil semua sarang burungnya karena walet akan pergi meninggalkan rumahnya dan akan pergi kerumah walet yang lain.

    Banyak orang yang mempunyai rumah walet tapi tidak semua tahu apa dan bagaimana seharusnya memelihara walet dengan benar.