Fungsi Primbon Jawa Kuno Bagi Masyarakat Jawa


Apakah dari anda ada yang pernah mendengar istilah primbon jawa kuno? Karena untuk orang jawa pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah Primbon..

Dalam kehidupan masyarakat jawa primbon sangat melekat dengan kepercayaan mereka. Tidak jarang hal ini dihubung-hubungkan dengan pernikahan..

Dimana dipercaya bahwa seseorang yang memiliki weton wage tidak bisa menikah dengan yang memiliki weton pahing karena akan terjadi hal buruk dalam pernikahannya itulah kepercayaannya..

Bisa juga dihubungkan dengan waktu yang bagus untuk membuka usaha tertentu, untuk membangun atau juga pindahan rumah juga biasanya berhubungan dengan weton. Tetapi hal itu juga hanyalah kepercayaan sehingga ada masyarakat yang percaya dan juga ada masyarakat yang tidak atau belum percaya akan hal ini..


Fungsi Primbon Bagi Masyarakat Jawa



Namun untuk lebih jelas anda harus tahu Primbon itu apa?? Bagi masyrakat jawa Primbon dikenal sebagai sebuah buku yang berisi hitungan-hitungan rumit tentang apa-apa saja yang dialami oleh manusia..

Disamping adalah salah satu contoh gambar buku primbon jawa..

Contohnya mulai dari watak, tanggal baik-buruk, hingga hubungan percintaan. Di abad ke-8 para penulis primbon mengumpulkan apa saja
yang mereka amati hingga akhirnya tercipta buku induk yang masih digunakan hingga sekarang..

Dari masalah primbonn ini kebanyakan orang juga menganggapnya mitos ataupun juga tahayul tetapi meskipun begitu dirasakan juga banyak hal-hal yang terjadi sesuai dengan ramalan..

Primbon jawa weton tanggal lahir memiliki banyak manfaat bagi masyarakat yang benar-benar mempercayai. Bahkan ada masyarakat yang benar-benar fanatik terutama orang-orang tua yang memang sejak zaman dahulu hal ini sudah menjadi pedoman..

Berikut Contoh Fungsi Primbon Jawa Bagi Masyrakat Jawa..

Lanjut mengenai fungsi dari Primbon Jawa, sebenarnya ada beberapa fungsi Primbon yang biasa masyrakat jawa gunakan dalam kehidupan mereka sehari-haru. 

Untuk itu simak beberapa penjelasannya dibawah ini, sebagai berikut..!!


1. Membaca Watak Manusia


Pada umumnya watak orang Jawa bisa dilihat dari tanggal lahir mereka meski tidak 100% benar sepenunhya atau sesuai dengan apa yang dikatakan dalam buku primbon tersebut atau dalam hitungan Jawa..

Misal seseorang lahir hari Jumat Pon, maka watak yang dimilikinya adalah santai, bijaksana, berjiwa sosial tinggi, jujur, dan mudah beradaptasi.. 

Itu sifat baiknya, lantas sifat buruknya adalah kurang percaya diri dan gampang terbawa arus. Anda bisa mencari sendiri watak Anda dengan melihat weton atau hari di mana Anda lahir menurut kalender Jawa..

2.Mencari Tahu Tanda-Tanda Alam


Ternyata hal mengenai tanda-tanda alam juga tidak luput dari pengamatan pembuat primbon. Karena kebanyakan orang Jawa akan menjadikan primbon sebagai kitab ramal ketika ada kejadian alam besar. Misal gempa bumi yang terjadi di siang hari.. 

Contohnya seperti bencana alam gempa bumi yang terjadi sebelum pukul 12 siang, merupakan pertanda kalau negeri ini akan banyak kerusuhan..

Selain gempa bumi yang memang kerap terjadi di Indonesia. Kejadian seperti gerhana matahari dan gerhana bulan pun kerap dijadikan sebagai acuhan untuk melakukan ramalan. Biasanya ramalan akan menunjukkan akan adanya bencana atau pandemi yang sangat menyusahkan. Dipercaya atau tidak, kadang ramalan ini banyak tepatnya..

3.Mengetahui Hari Baik Dan Naas Atau Sial


Biasanya saat hari baik, acara-acara besar seperti pernikahan, membangun rumah, hingga sunatan akan banyak dilakukan. Dengan melakukan hal-hal tersebut di hari baik, maka rezeki akan datang dengan sangat melimpah. Rumah yang dibangun juga akan membuat penghuninya jadi betah dan terhindar dari masalah..

Selanjutnya, Anda juga perlu tahu bahwa ada juga hari buruk atau nahas di mana setiap orang dilarang melakukan aktivitas besar ataupun acara adat khususnya bagi masyarakan Jawa..

Itulah mengapa menghitung hari baik dan buruk sangat penting bagi orang Jawa. Semua hitungan ada di primbon dan tinggal mengaplikasikannya..


4.Pedoman Untuk Meraih Kesuksesan


Jadi untuk sebagaian masyrakat jawa untuk bisa dan selalu meraih kesuksesan di masa depan, beberapa orang Jawa biasanya akan melakukan selamatan pada peringatan wetonnya. Selamat ini dilakukan sebagai bentuk syukur dan agar selalu meraih keselamatan dan kesuksesan..

Pada umumnya selamatan pada peringatan weton ini dilakukan dengan cara yang sederhana. Yaitu hanya dengan menyiapkan 2 piring nasi dengan lauk tahu tempe dan sayur-mayur..

Banyak juga orang yang mulai skeptis dengan perhitungan weton karena menganggap bahwa pada dasarnya semua hari itu baik dan baik musibah maupun keberuntungan adalah semata-mata kehendak Tuhan..

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan mengenai funsgsi Primbon Jawa bagi masyrakat jawa, Namun perlu anda ketahui, Primbon bukan hanya berlaku bagi masyarakat Jawa saja..

Melainkan anda sendiripun bisa mencobanya lansung dalam hidup anda, Jika memang percaya akan Primbon Jawa kuno ini..

Semoga bermanfaat..!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel