Menguak Mitos Kejatuhan Cicak Membawa Sial

Masyarakat Indonesia sampai saat ini masih melekat pada kepercayaan-kepercayaan orang tua di zaman dulu. Banyak mitos yang mereka percaya dapat mempengaruhi kehidupan mereka. Walaupun, tidak dapat dibuktikan secara akurat, namun masih banyak yang percaya. Salah satunya mitos kejatuhan cicak bisa membawa sial bagi orang yang dijatuhinya.

Mitos sebenarnya hanya kejadian yang terjadi secara kebetulan yang dialami oleh sebagian besar masyarakat, lalu berkembang menjadi mitos dan kebiasaan. Padahal sih, boleh jadi kejadian itu hanya merupakan kebetulan semata yang tidak memiliki arti apa-apa.

Mitos kejatuhan cicak memang sudah menjadi mitos yang mendarah daging di masyarakat Indonesia khususnya di daerah pedesaan. Di dalam agama islam pun, cicak adalah salah satu binatang yang tidak disukai oleh rasul.

Tapi, untuk menambah pengetahuan saja, di sini saya akan membagikan tulisan yang menguak mitos kejatuhan cicak membawa sial.


Mitos Kejatuhan Cicak Membawa Sial

Berikut mitos tanda kesialan yang disebabkan dijatuhi cicak.


Ada Anggota Keluarga Yang Akan Meninggal

Mitos yang pertama ini, adalah mitos yang banyak dipercaya oleh sebagian masyarakat. Katanya, apabila kejatuhan cicak, maka anggota keluarganya akan terkena kutukan akan meninggal dunia. Mengerikan !


Rezeki Diambil Orang

Mitos ini juga mengatakan bahwa rezeki akan hilang, karena rezeki yang seharusnya didapatkan menjadi tertunda. Rezeki tidak dapat turun ke tangan orang tersebut karena terhalang sesuatu.

Menurut primbon jawa, mitos kejatuhan cicak juga memiliki arti yang berbeda-beda tergantung di bagian tubuh mana yang kejatuhan cicak tersebut.


Mitos Kejatuhan Cicak Berdasarkan Bagian Tubuh

 

Cicak Jatuh di Tangan

Kita tau bahwa tangan adalah salah satu anggota tubuh yang digunakan untuk bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari. Apabila cicak jatuh di tangan, maka pekerjaan atau rutinitas anda sehari-hari tidak akan mendapatkan hasil apa-apa.


Cicak Jatuh di Kaki

Seperti tangan, kaki adalah anggota tubuh untuk berjalan, mitosnya apabila kejatuhan cicak pada bagian tubuh ini maka orang yang kejatuhan cicak tersebut akan mendapatkan musibah dalam perjalanan.


Cicak Jatuh di Pundak

Mitos cicak jatuh di pundak yaitu anggota keluarga atau kerabat dekat akan mengalami musibah. Mungkin, kesialan itu berupa kehilangan pekerjaan atau mendapatkan cobaan hidup yang berat.


Cicak Jatuh di Paha

Apabila cicak jatuh di bagian paha, maka orang yang kejatuhan cicak akan mengalami musibah yang datang dari orang lain. Tergantung di bagian paha mana orang tersebut kejatuhan cicak. Jika di bagian paha kiri, maka artinya musibah itu datang dari orang yang tidak dikenal. Sedangkan di sebelah kanan, maka datangnya dari orang terdekat atau teman dekat.


Cicak Jatuh di Kepala

Apabila cicak jatuh pada bagian kepala, mitosnya rejeki orang yang kejatuhan menjadi merosot. Bukan cuma itu saja, katanya hal itu merupakan pertanda bahwa ada keluarga yang akan terkena sakit parah bahkan meninggal dalam waktu dekat.


Jatuh Dekat Tubuh

Kalau hal ini, merupakan pertanda baik. Mitosnya apabila cicak jatuh di dekat tubuh seseorang, maka orang yang mendapati cicak jatuh di dekat tubuhnya akan jauh dari malapetaka dan musibah.


Kejatuhan Kotoran Cicak

Nah lain lagi dengan hal ini, bukan cicaknya namun kotorannya. Apabila orang kejatuhan kotoran cicak, maka orang tersebut akan terkena penyakit karena kotoran cicak sendiri adalah simbol penyakit.

 

Cara Menghindari Musibah Akibat Kejatuhan Cicak

Kata orang, jika anda kejatuhan cicak, maka hal yang harus anda lakukan agar mitos tersebut tidak terjadi yaitu dengan memburu atau menangkap cicak tersebut. Setelah itu anda harus membunuh dan diludahi sambil membaca niat agar kesialan atau musibah yang akan datang itu mati bersama cicak itu.


Manusia sering kali percaya bahwa hewan seperti cicak menjadi firasat untuk menentukan takdir hidup kita dalam waktu dekat. Namun, sebenarnya, menurut agama, hal tersebut merupakan bentuk kesyirikan, karena menganggap bawa hewan bisa menentukan takdir selain Tuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel