Hari Baik Pindah Rumah Menurut Primbon

Di dalam primbon Jawa kuno, semua yang terjadi dan akan terjadi ada artinya. Begitupun dengan pindah rumah, menurut primbon Jawa Kuno ada beberapa hari yang tepat untuk melakukan pindah rumah. Seperti halnya hendak menikah, seseorang yang sudah menikah dan hendak melangsungkan sebuah hajat pindah rumah baru sangat perlu dihitungkan hari baiknya. Bagi anda yang hendak melakukan hajatan pindah rumah, anda masuk di website yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda hari baik pindah rumah menurut primbon.

Dalam melaksanakan pindah rumah, sudah ditentukan di dalam agama islam bahwa ada hari yang baik untuk dilakukannya sebuah hajat pindah ke rumah baru. Bukan cuma hari saja, tapi jamnya pun perlu untuk diperhatikan.

Dengan memperhatikan hari baik untuk pindah rumah, maka penghuni rumah tersebut akan merasa nyaman, betah dan rumah tangga pun akan awet dan harmonis. Menurut beberapa pakar ilmu spritual, mengatakan bahwa cara menghitung hari baik pindah rumah bedasarkan perhitungan Jawa adalah sebagai berikut.

Hari baik pindah rumah menurut primbon

Agar rumah tangga awet dan harmonis di dalam rumah baru anda, sebaiknya anda memperhatikan perhitungan hari baik pindah rumah menurut primbon di bawah ini !


Patokan / Dasar Perhitungan Pindah Rumah

Ada 4 perhitungan yang bisa anda lakukan untuk menentukan hari baik pindah rumah yaitu dengan menggunakan patokan atau dasar sebagai berikut

  • Sisa 1 jatuh pada GURU, yang berarti dihormati, sejahterta, lancar rezeki, selamat dan digurukan.
  • Sisa 2 jatuh pada RATU, yang berarti ditakuti, banyak rezeki, jauh dari goro-goro, berwibawa dan disegani
  • Sisa 3 jatuh pada ROGOH,  yang berarti mudah dimasuki pencuri, boros,kurang bahagia dan banyak hal-hal yang kurang baik.
  • Sisa 4 jatuh pada SEMPOYONG yang berarti tidak bertahan lama atau tidak kerasan,sering bertengkar dan susah.

Watak Bulan Menurut Perhitungan Primbon Jawa

Setelah memperhatikan patokan seperti diatas, sangat penting untuk anda perhatikan juga watak bulan menurut Primbon Jawa, sebagai berikut

  • Bulan Sura = tidak baik
  • Bulan Sapar = tidak baik
  • Bulan Mulud = tidak baik
  • Bulan Bakdamulud = baik
  • Bulan Jumadilawal = tidak baik
  • Bulan Jumadilakir = kurang baik
  • Bulan Rejeb = tidak baik
  • Bulan Ruwah = baik
  • Bulan Pasa = tidak baik
  • Bulan Sawal = sangat tidak baik
  • Bulan Dulkaidah / Apit = cukup baik
  • Besar = sangat baik
Maka dari itu hari baik yang dianjurkan untuk melakukan pindah rumah yaitu pada bulan Bakdamulud, Ruwah, Dulkaidah, Syawal, dan Besar.


Neptu Hari Menurut Perhitungan Jawa

Juga sangat penting untuk memperhatikan hari yang tepat untuk melakukan pindah rumah.
Minggu=5, Senin=4, Selasa=3, Rabu=7, Kamis=8, Jum’at=6, Sabtu =9


Neptu Pasaran Menurut Perhitungan Orang Jawa

Kliwon=8, Legi=5, Pahing=9, Pon=7, Wage=4


Cara Menghitung Hari Baik Pindah Rumah

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh bagaimana cara menghitung hari baik pindah rumah. Anggaplah anda lahir dengan weton kamis legi dan istri anda pada senin kliwon. Berikut cara menghitungnya

  1. Tentukan dulu secara acak, ingin pindah pada hari apa. Misalnya pada hari Minggu Wage di bulan Besar. (Coba secara acak lebih dulu).
  2. Jumlahkan neptu hari kelahiran and dan istri juga jumlah neptu hari pindahan yang dipilih Minggu Wage. Anda (Kamis Legi), Kamis=8 dan Legi=5 maka jumlahnya 13. Istri anda (Senin Kliwon), Senin=2 dan Kliwon=8 maka jumlahnya 10. Minggu Wage, Minggu=5 dan Wage=4 maka jumlahnya 9.
  3. Jumlahkan semua neptu diatas, 13+10+9= 32. Kemudian dibagi 4. 32:4=8 Karena tidak ada sisanya maka dianggap sisa 4.
  4. Lihat pada patokan menghitung hari baik pindah rumah maka jatuh pada sempoyong yang artinya tidak bertahan lama atau tidak kerasan,susah dan sering bertengkar.
 Hal ini berarti MINGGU WAGE tidak baik untuk anda melaksanakan pindah rumah. Solusinya? Kita coba-coba lagi. Misalnya pada Senin Pon. Hitung kembali dari awal.


Senin Pon, dimana Senin=4 dan Pon=7, jumlahnya 4+7=11. Jumlahkan dengan weton anda dan istri : 11+13+10 = 34, 34:4=8 sisa 2. Lihat pada pathokan, sisa 2 berarti jatuh pada RATU yang artinya berwibawa, ditakuti,disegani,banyak rejeki dan jauh dari goro-goro atau kesialan. Maka dapat disimpulkan bahwa hari baik pindah rumah bagi anda dan istri adalah pada Senin Pond dan pilih bulan besar sebagai bulan yang baik.


Sekian tips hari baik pindah rumah menurut primbon dari saya, semoga bermanfaat dan selamat atas rumah baru anda :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel