Firasat Gempa Bumi Menurut Primbon Jawa

Gempa bumi adalah merupakan musibah alam yang telah banyak terjadi. Di dalam primbon Jawa kuno tentu kejadian tersebut memiliki sebuah pertanda. Mungkin anda sudah tau bahwa di dalam ilmu kejawen dan primbon Jawa kuno, segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan kita bukan sebuah kebetulan saja, namun memiliki arti dan pertanda. Seperti di tulisan saya sebelumnya yang membahas   Firasat Bersin Menurut Jam Dalam Primbon Jawa dan  Arti Telapak Tangan Gatal Menurut Primbon Jawa , kali ini saya akan berbagi apa saja firasa gempa bumi menurut primbon Jawa.


Lalu apa maknanya? Berikut adalah firasat atau pertanda terjadinya gempa bumi berdasarkan kejadiannya gempa bumi berdasarkan kejadian pada bulan islam. Jika ada gempa bumi pada bulan Muharram, maka alamat akan banyak orang prihatin. Jika malam, alamat bahan makanan mahal yang banyak timbul huru Hara.

Firasat Gempa Bumi Menurut Primbon Jawa 

Arti gempa bumi adalah sebuah musibah yang terjadi karena dua faktor yaitu cuaca maupun kecerobohan manusia yang mengakibatkan kesimbangan alam. Oleh karena itu para ahli dikatakan melalui situs bahwa gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang.

Menurut primbon jawa kuno sebelum ada penelitian para ahli, bahkan sering orang tua jaman dulu mengatakan bahwa gempa bumi atau lindu adalah pergerakan ular naga yang berada di perut bumi. Selain mengakibatkan musibah kecil atau ringan ternyata gempa bumi memiliki alamat yang berhubungan dengan kehidupan di daerah tersebut. Seperti yang akan dibahas sekarang ini tentang firasat gempa bumi menurut primbon jawa kuno.


Arti Gempa Bumi Menurut Jawa Kuno 

Suku jawa atau orang jawa kuno memaknai gempa adalah sebuah pertanda alam dari sang pencipta agar manusia bisa membaca diri dan mewaspadai atau di kenal dengan "Moco Ing Waskito". Masyarakat suku jawa kuno membukukannya dengan istilah primbon sebagai panduan untuk membaca watak ataupun tanda dan kejadian alam di sekitarnya.

Mereka mencatat, mencermati tanda-tanda alam tersebut saat mulai mengenal tulisan. Salah satunya mulai ditata menjadi sistem penanggalan sistem musim, dan sisi rasi bintang. Sebagian lagi di patenkan menjadi tanda-tanda alam.

Salah satu kitab primbon yang pernah dikenal oleh suku jawa adalah primbon Mujarab yakni kata primbon bertuliskan pego ( Huruf arab untuk menulis bahasa Jawa ). Meski lambat laun, seiring perkembangan Zaman, primbon jawa semakin ditinggalkan.


Ramalan / Firasat Gempa Bumi Menurut Jawa Yang Di Lihat Dari  Kalender Jawa

1. Apabila gempa bumi tersebut terjadi pada bulan muharram, maka alamat akan terjadi banyak orang akan prihatin. Jika malam terjadinya maka kedepan bahan makanan akan mahal dan banyak muncul huru hara dimana-mana

2. Jika gempa bumi terjadi pada bulan shafar wakti siang hari, alamatnya banyak penduduk desa berpindah tempat dan banyak penyakit, Namun jika terjadi pada malam hari maka banyak orang selamat dalam tahun tersebut.


3. Jika  gempa bumi terjadi pada bulan rabiul awal waktu siang hari maka alamat banyak yang akan mendapatkan derajat/pangkat namun banyak penyakit. Jika terjadi malam hari maka banyak hujan angin dan ombak laut. 


4. Firasat gempa bumi di dalam bulan rabiul akhir pada waktu siang hari, maka alamatnya banyak manusia dan binatang ternak pada mati, jika malam hari terjadinya maka lambat baiknya diberikan hujan, tanaman subur, murah sandang pangan dan selamat dari segala penyakit.


5. Firasat gempa bumi di bulan jumadil akhir terjadi siang hari alamatnya akan banyak musuk, jika malam hari alamatnya rahayu dan makmur


6. Firasat gempa bumi di bulan jumadil akhir terjadi siang hari alamatnya terjadi musim kemarau yang panjang, Seluruh binatang ternak kurus kurang makan, tanaman akan mati. Jika datangnya malam alamatnya banyak penyakit dan peceklik


7. Firasat gempa bumi di bulan rajab waktu siang hari, alamatnya banyak penyakit di tahun itu. Jika malam hari akan timbul peperangan besar dalam negara tersebut.


8. Firasat gempa bumi di bulan syakban waktu siang hari, ramalannya banyak orang yang meninggal dunia serta kebutuhannya mahal.


9.
Firasat gempa bumi di bulan romadhon waktu siang hari, berdasarkan ramalan primbon jawa alamat banyak penyakit, banyak bertengkar dan orang berpindah-pindah.


10.
Firasat Gempa bumi bulan syawwal alamat terjadi jika pda siang hari maka terjadi kerusakan-kerusakan, jika malam hari alamat akan timbul peperangan besar dan banyak yang berselisih


11. Firasat gempa bumi di bulan dzul qaidah waktu siang hari, menurut ramalan primbon jawa alamat akan terjadi kekacauan dalam desa/negara tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel