Mitos dan Pamali di Indonesia, Lengkap dengan Akibatnya

Mitos dan pamali kerap menjadi perbincangan orang di setiap waktu. Perbedaan mitos dan pamali tidak jauh berbeda, yang dimana kedua hal itu tidak dapat dibuktikan secara logika namun masih saja dipercaya banyak orang. Bahkan bisa dikata ada 1001 pamali jawa yang masih dipercaya hingga saat ini. Di sini kita akan membahas berbagai macam mitos dan pamali di Indonesia disertai dengan akibat dan penjelasannya.

Indonesia adalah Negara yang dimana kepercayaan dan budayanya sangat kental. Kalau berbicara tentang budaya, pasti sudah terbesit di pikiran kita adalah sesuatu hal yang berbau mistik. Dari dulu sampai sekarang mitos dan pamali masih sering dilontarkan oleh orang tua kita. "Jangan begini jangan begitu, nanti kamu..."

Mitos atau pamali adalah sebuah kebiasaan orang tua jaman dulu yang dimana melarang orang lain untuk melakukan sesuatu hal. Meskipun bukti dan kebenaran dari mitos dan pamali tidak bisa dibuktikan hingga sekarang, tapi masih saja banyak orang yang percaya. Apakah Anda salah satunya?

Sebenarnya, mitos dan pamali tergantung dari diri sendiri, mau percaya atau tidak. Memang benar jika mau dipikir secara logika semua pamali itu tidak memiliki arti apa-apa. Tapi pasti ada sebabnya kenapa mitos dan pamali itu tersebar hingga saat ini. Misalnya larangan untuk menduduki bantal, katanya nanti pantatnya bisulan. Ya bisa jadi orang tua jaman dulu mengatakan itu agar bantalnya tidak rusak karena diduduki. Masuk akal bukan? Begitu juga dengan mitos dan pamali lainnya.

Tapi untuk menambah wawasan saja atau mungkin bagi Anda yang tetap percaya dengan kebenaran dari sebuah mitos, mungkin artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui berbagai macam pamali yang ada di Indonesia lengkap dengan akibatnya jika dilanggar.


Mitos dan Pamali di Indonesia

Berikut beberapa mitos dan pamali yang ada di Indonesia lengkap dengan akibatnya apabila dilanggar


1. Menyapu Hingga Bersih Agar Tidak Dapat Suami Brewokan

Ada banyak anak perempuan yang membersihkan rumah dengan tergesa-gesa sehingga rumah tidak begitu bersih. Nah, di sinilah tersebar pamali yang dimana ketika anak perempuan tidak menyapu hingga bersih, maka nanti anak perempuan tersebut mendapatkan suami yang brewokan. Mitos ini tidak hanya dipercaya oleh masyarakat Jawa, tapi juga dipercaya suku lainnya misalnya suku bugis.


2. Jangan Menyapu di Malam Hari

Katanya jika seseorang menyapu di malam hari, maka orang tersebut akan susah rezeki. Tidak banyak orang yang tau tentang mitos ini, hanya masyarakat Jawa sangat percaya bahwa benar ketika menyapu di malam hari akan membuat penghuni di rumah tersebut kesulitan dalam hal finansial. Apakah Anda percaya?


3. Jangan Bersiul Di Malam Hari

Beredar mitos bahwa bersiul di malam hari dapat memanggil setan. Suatu ketika saya bersiul di malam hari, tiba-tiba teman saya ketakutan sambil memarahi saya, katanya setan akan datang ketika mendengar suara siulan. Mitos ini terbilang mitos yang sudah cukup umum diketahui banyak orang.


4. Duduk di Depan Pintu Sulit Jodoh

Nah mitos ini kerap disampaikan orang tua kepada anaknya terutama anak gadis, agar jangan duduk di depan pintu. Katanya nih, ketika kita duduk di depan pintu maka jodoh yang mau datang terhalang oleh kita yang duduk di depan pintu.

Baca juga : Penyebab Jodoh Tak Kunjung Datang


5. Jangan Makan di Depan Pintu

Sebenarnya larangan makan di depan pintu tidak ada salahnya, karena akan menghalangi orang yang mau lewat dan juga di depan pintu bukanlah tempat makan melainkan di meja makan. Hal inilah yang dikait-kaitkan orang tua dulu, konon katanya orang yang makan di depan pintu tersebut akan sulit mendapatkan jodoh.


6. Mengeluarkan Suara Ketika Makan

Konon katanya orang yang mengelurkan suara ketika makan (suara megunyah) akan menjadi bahan perbincangan orang lain atau akan digosipi orang lain. Sebenarnya, larangan mengenai makan dengan mengeluarkan suara tidak ada salahnya, karena akan terlihat tidak sopan atau tidak beretiket.


7. Anak Kecil Jangan Makan Jantung Pisang

Katanya anak kecil yang makan jantung pisang akan membuatnya menjadi bodoh, pikun dan idiot. Emm, apa hubungannya ya?


8.  Jangan Makan Mendahului Orang Tua

Sebenarnya hal ini merupakan hal baik untuk diperhatikan, karena memang benar tidak sopan ketika makan mendahului orang tua, biarlah orang tua dulu yang makan. Tapi ada banyak orang yang menghubungkannya dengan pamali yang katanya akan menghambat rezeki. Untuk Anda yang ingin rezekinya lancar, amalkan doa untuk membuka pintu rezeki.


9. Jangan Makan Pakai Mangkok

Ya memang makan itu pakai piring bukan pake mangkok, tapi kalau makannya berkuah gimana? Sebenarnya hal ini tidak ada  kaitannya sama sekali yang dimana orang percaya bahwa orang yang makan menggunakan mangkok akan sering ditinggal oleh saudara. Sangat tidak masuk akal bukan? Tapi itulah mitos, tidak dapat dibuktikan tapi banyak orang yang percaya.


10 . Jangan Bersiul ketika Makan

Makan ya makan, bukan melakukan aktivitas lain seperti bersiul itu memang benar. Tapi lagi-lagi dikaitkan dengan pamali yang katanya akan berakibat kegagalan dalam berusaha.


11. Jangan Menyisa Nasi Ketika Makan

Kebiasaan ini paling sering dilakukan anak kecil, menyisakan nasi ketika makan. Katanya menyisakan nasi dengan alasan kenyang akan menimbulkan pertengakaran dengan keluarga dalam waktu yang beruntun. Sebenarnya di sini kita diajarkan untuk menghargai makanan, mengingat orang lain di luar sana banyak yang kelaparan tapi tidak memiliki makanan.


12. Jangan Makan Tunggir Ayam

Larangan  makan tunggir ayam atau pantat ayam adalah mitos yang sudah ada sejak dulu dan banyak dipercaya orang. Katanya apabila perempuan suka makan tunggir ayam, nanti dia akan mendapatkan suami yang tidak setia dan selalu makan hati.


13. Jangan Makan Sirih Bagi Seorang  Gadis

Katanya seorang wanita muda atau seorang gadis yang makan sirih, di hari pernikahannya nanti akan mengalami menstruasi/haid (Kan bikin suami jadi galau) 😜


14. Makan Otak Binatang

Jangan makan otak binatang khususnya bagi anak kecil, konon katanya rambutnya akan beruban sebelum waktunya.


15. Makan di Cobek 

Jangan makan langsung di cobek atau lumpung kalau tidak mau dimusuhi mertua


16. Bermain di Saat Magrib Diculik Wewe Gombel

Kalau ini memang bukanlah mitos belaka, karena pada dasarnya setan seperti wewe gombel memang berkeliaran di saat magrib. Itulah mengapa larangan bermain di saat magrib sudah menjadi hal yang biasa dan dipercaya banyak orang.


17. Jangan Kelamaan Mandi

Jangan terlalu lama mandi di kamar mandi agar muka tidak cepat tua. Itulah mitos yang dipercaya banyak orang khususnya pada masyarakat Jawa.


18. Jangan Menjual Silet dan Jarum Pada Malam Hari

Mitos larangan menjual silet atau jarum pada malam hari adalah pamali yang sampai sekarang dipercaya oleh sebagian orang. Konon, pedagang yang menjual barang tersebut pada malam hari tokonya akan bangkrut.


19. Larangan Memakai Payung di Dalam Rumah

Mitos ini dipercaya sebagian orang yang katanya jika dilanggar akan memperoleh kesukaran seumur hidup. Ngeri!


20. Tidur di Posisi Kepala di Sebelah Utara dan Kaki di Sebelah Selatan

Jangan tidur dengan posisi seperti itu, karena hanya akan membuat Anda cepat meninggal.


Itulah beberapa mitos yang dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini. Hampir semua mitos di atas tidak masuk akal sama sekali tapi masih saja ada orang yang percaya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel