Tanggal dan Bulan Yang Bagus Membangun Rumah Menurut Primbon Jawa

Apakah Anda berniat membangun rumah? Sebaiknya Anda memperhatikan tanggal dan bulan yang bagus membangun rumah menurut primbon Jawa. Bahkan ketentuan hari baik bangun rumah tidak hanya dipercaya oleh primbon jawa saja, melainkan bulan baik membangun rumah dalam syariat islam pun ada juga. Ada yang mengatakan bahwa hari yang baik untuk membuat pondasi rumah berbeda dari tahun ke tahun. Untuk lebih jelasnya, mari simak bersama ulasan berikut ini

Membangun rumah adalah salah satu hal yang harus dipikirkan oleh setiap manusia. Terutama bagi pasangan suami istri tentu memikirkan hal ini, karena mereka tidak mungkin terus-terusan menumpang di rumah orang tua. 


Membangun rumah tentu harus dibekali dengan beberapa persiapan, seperti dana dan lokasi. Tapi selain itu, ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membangun rumah, yaitu memperhatikan tanggal dan bulan baik membangun rumah.

Selain karena tradisi, memperhatikan tanggal dan bulan baik membangun rumah juga ditetapkan di dalam agama Islam. Tapi kali ini, saya hanya akan membahas menurut primbon jawa saja. Kita tau bahwa di dalam primbon jawa, semua yang terjadi di dalam kehidupan memiliki ketentuan-ketentuan.

Terutama pada masyarakat Jawa pada umumnya, mereka percaya bahwa membangun rumah adalah sesuatu hal yang cukup sakral, maka dari itu mereka sering melakukan tradisi-tradisi membangun rumah sesuai dengan adat Jawa. 

Hal itu dilakukan karena mereka percaya bahwa ada tujuan tertentu menggunakan primbon untuk membangun rumah. Bukan cuma masyarakat Jawa saja, tapi juga diterapkan di beberapa adat lainnya.

Maka dari itu, sebelum membangun rumah sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu tanggal dan bulan baik yang bagus membangun rumah menurut primbon Jawa. Hal itu tidak lain dilakukan hanya untuk kebaikan dan kesejahteraan rumah tangga Anda.


Tanggal Dan Bulan Yang Bagus Membangun Rumah Menurut Primbon Jawa

Mungkin Anda pernah melihat orang yang ketika hendak membangun rumah, bertanya terlebih dahulu kepada sesepuh atau orang tua di kampung yang mengerti hitungan tanggal baik primbon Jawa. Di sini saya akan membagikan cara mengetahui tanggal dan baik yang bagus, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi bertanya kepada orang lain.


1. Membangun Rumah di Bulan Muharram (Sura)

Sebaiknya Anda tidak membagun rumah di bulan muharram karena, tanggal ini merupakan alamat susah hati, dan apabila sakit akan sulit disembuhkan. Bagi yang berdagang sulit untuk mendapatkan keuntungan, pertemanan tidak akan bertahan lama dan apabila bertengkar akan kalah. Jadi, sebaiknya Anda tidak membangun rumah di bulan ini.


2. Membangun Rumah di Bulan Safar

Ide yang bagus jika membangun rumah di bulan safar ini, karena alamatnya merupakan hal yang baik dimana ketika sakit akan cepat sembuh, bila berdagang cepat mendapat untung. Khusus bagi petani, sebaiknya ketika hendak bercocok tanam, ambil di bagian tengah agar hasil tanaman berlimpah.


3. Membangun Rumah di Bulan Robiul Awal

Hati-hati membangun rumah jangan sampai ada membangun rumah Anda di bulan ini, karena primbon jawa percaya bahwa barang siapa yang menggunakan bulan ini untuk membangun rumah, maka salah satu keluarganya akan mati.


4. Membangun Rumah di Bulan Robiul Akhir

Apabila Anda membangun rumah di bulan ini, alamatnya bagus karena Anda akan sering mendapatkan uang tapi cepat habis juga apabila tidak berhati-hati. Jika bercocok tanam akan cepat tumbuh, berdagang cepat mendapatkan untung, pekerjaannya dilancarkan dan apa yang diinginkan cepat tercapai.


5. Membangun Rumah di Bulan Jumadil Awal

Tidak terlalu baik jika membangun rumah di bulan ini, karena jika bercocok tanam tumbuhnya hanya sedikit, jika bertengkar akan selalu kalah, rencana selalu gagal, dan susah mendapatkan kebahagiaan.


6. Membangun Rumah di Bulan Jumadil Akhir

Bisa dibilang baik karena rezeki akan mengalir terus, tapi bisa dibilang buruk juga karena Anda akan mengalami gangguan dari tetangga yang membuat Anda susah hati.


7. Membangun Rumah di Bulan Rajab

Apabila membangu rumah di bulan ini, maka alamatnya akan mendapatkan bahagia namun sedih juga karena akan kehilangan kekasih.


8. Membangun Rumah di Bulan Sya'ban

Alamatnya akan mendapatkan rejeki yang halal, mendapatkan anak yang nurut pada orang tua, usaha dilancarkan, rencana dilancarkan, banyak orang yang merasa segan dan hormat kepada Anda. Sebaiknya Anda membangun rumah di bulan sya'ban ini


9. Membangun Rumah di Bulan Romadhon (Pasa)

Alamatnya tidak baik karena akan sering kehilangan harta benda dan sering melanggar perintah Tuhan Yang Maha Esa.


10. Membangun Rumah di Bulan Syawal

Walaupun sering berniat baik tapi selalu saja banyak orang yang memusuhi dan akan sering mendapatkan fitnah.


11. Membangun Rumah di Bulan Dzul qa’dah (sela)

Alamatnya akan mendapatkan rejeki yang melimpah tapi cepat habis karena tidak dapat dimanfaatkan dengan baik serta sering mendapatkan tuduhan yang tidak baik dari tetangganya.


12. Membangun Rumah di Bulan Dzulkahijjah (besar)

Alamatnya Anda akan memperoleh kebahagiaan serta kesuksesan, akan tetapi jika tidak pandai memanfaatkan maka akan berakhir pada kerugian yang besar. jika bercocok tanam sebaiknya memilih tanaman jenis sayuran.

Itulah ketentuan tanggal dan bulan yang bagus membangun rumah menurut primbon Jawa. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel