Tempat Untuk Mewujudkan Nazar Yang Ada di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupan salah satu wilayah yang banyak di datangi para peziarah dari penjuru negeri, yang mana kita ketahui banyaknya tempat bersejarah sekaligus tempat wisata religius serta pesona alam yang mendukung. Kita ketahui bersama banyaknya makam-makam Para Wali Allah di Kalimantan Selatan.

Kalimantan selatan secara geografis berada di tenggara pulau kalimantan, yang mana memiliki kawasan dataran rendah dibagian barat dan pantai timur,serta dataran tinggi di bentuk oleh Pegunungan Meratus di tengah.
Mayoritas penduduk kalimantan selatan merpakan etnik suku Banjar yang terdiri dari 3 kelompok utama yaitu Banjar Kuala, Banjar Pahuluan dan Banjar Batang Banyu. sedangakn etnis kedua yaitu etnis jawa yang menempati kawasan transmigrasi.


Tempat Untuk Mewujudkan Nazar Yang Ada di Kalimantan Selatan

Nazar merupakan sebuah janji seseorang untuk melaksanakan sesuatu jika tujuan yang diinginkan tercapai. Inilah beberapa tempat yang dijadikan untuk bernazar yang ada di Kalimantan Selatan antara lain :

1. Pulau Kambang


Kalimantan Selatan terdiri dari berbagai pulau yang menjadikan Kalimantan selatan punya destinasi tersendiri untuk mengembangkan menjadi objek wisata.Salah satunya Pulau Kambang yang mana pulau ini menyimpan sebuah mitos tentang monyet "hidung mancung" yang mana menjadi penghuni tetap di sana. Yang mana kita kenal dengan nama Bekantan akan tetapi masyarakat disana menyebut  sebagai Kera Belanda.

Konon, pulau ini adalah tempat para raja dan ratu untuk meminta sesuatu jika mereka memiliki hajat, ditempat ini mereka berdoa sebagai syarat agar hajat mereka terkabul.
Kalau ada anak  mereka punya hajat atau saat anak mereka sakit maka mereka memandikan anaknya di sebuah pondok dari kayu yang mana tempat itu untuk memandikan anak-anak. Yang mana harapan orang tuanya terkabul.

Dekatnya ada sebuah kuil yang dibangun oleh orang cina dengan altar dua buah patung hanoman berbalut kain kuning. yang mana sebagai tanda bentk syukur hajat mereka untuk bisa sukses di Kalimatan Selatan. 

2. Pulau Mintin

Pulau Mintin memiliki legenda, mitos dan cerita misteri, yang mana letek pulau mintin tidak jauh dari Jalan Trans Kalimantan. Yang mana kita ketahui Pulau Mintin terletak di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau.
Menurut legenda Pulau Mintin menjadi tempat tinggal naga dan buaya. Pulau Mintin terbagi atas Pulau Mintin Besar sering disebut Kambe Hai yang konon dipulau ini dihuni seekor naga dan mahluk halus yang memiliki perawakan tinggi dan besar. Bila kita meminta dan memiliki nazar dan terkabul maka kita harus membayar dengan babi sebagai makannya.
Pulau Mintin Tengah sering juga dikenal dengan Pulau Mintin Kecil oleh masyarakat setempat sebagai Djata, yang mana pulau ini ditinggali seekor buaya kuning di yang mana ada sebuah rumah keramat yang dijadikan sebagai tempat pertapaan yang digunakan untuk mengajukan berbagai permohonan.
Ditengah-tengah antara pualu Mintin Besar dan Pulau Mintin Tengah terdapat pulau yang tidak terlihat karena berada di dalam air yang mana masyarakat disana menyebut Busung. Dimana busung memiliki mitos yang mana masyarakat setempat percaya jika batu merah dari menara itu  bisa membuat air asin yang masuk dari laut berubah menjadi tawar

3. Makam Datuk Kalampayan

Makam ini terletak di Desa Astambul Kabupaten Banjar Martapura sekitar 56 km dari kota Banjarmasin. Beliau adalah ulama besar Martapura. Yang mana Makam ini dikenal dengan julukan makam  Syeh Muhammad Arsyad Al Banjari.

Beliau adalah pengarang Kitab Sabilal Muhtadin yang banyak menjadi rujukan bagi banyak pemeluk agama Islam di  Asia Tenggara. Karena kekaromahannya sebagai wali Allah, sejak kematiannya ratusan tahun silam hingga sekarang makamnya tak pernah sepi dari peziarah.

Banyak yang datang untuk berziarah bahakan ada juga yang datang bernazar ditempat itu, bila hajat dan keinginananya terkabul akan kembali lagi ke sana.

Kita manusia hanya bisa bernazar dan berkeinginan akan tetapi kita harus berserah ke Pencipta Alam Semesta, karena yang bisa mengabulkan semua keinginan kita hanyalah Padanya. 

Itulah beberapa destinasi yang ada di Kalimantan Selatan yang bisa menjadikan acuan bila ingin berwisata dengan keluarga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel