Mengenal Ilmu Mistis Yang Terkenal Di Tanah Toraja

Indonesia terdiri dari berbagai suku, ada suku Asmat, Sasak, Tolaki, Batak, Jawa, Mandar, Dayak, Bugis, Kajang, Makassar, Toraja dan masih banyak lagi yang tidak bisa di sebutkan satu persatu.
Di setiap daerah pastilah mempunyai suatu adat istiadat serta ilmu-ilmu gaib yang dimilikinya, baik halnya ada ilmu hitam dan ada ilmu putih.

Toraja terkenal akan aspek pariwisatanya dan pemandangan alamnya, serta adat istiadat yang unik. Beberapa masyarakat di Toraja juga memiliki ilmu gaib yang hebat tak kalah dengan ilmu gaib yang dimiliki oleh suku-suku lainnnya.

Ilmu Gaib Yang Ada Di Suku Toraja

Ilmu mistik yang dimiliki suku Toraja merupakan warisan leluhur yang masih ada di miliki hingga kini.

Adapun Ilmu Mistik Yang Masih Bisa Kita Dapati Yaitu :

1. Mengendalikan Hujan

Disetiap daerah ada orang yang mampu mengendalikan hujan, dikenal dengan  nama pawang hujan, begitu pula yang di masyarakt toraja mengenal dengan sebutan To Ma'pamanta', yang mana dilakukan ini pada saat ada kegiatan penting seperti ritual pelaksanaan pesta adat Rambu Solo atau Rambu Tuka atau kegiatan yang lain-lainnya.

2. Menyantet Orang Dari Jauh

Suku Toraja juga memiliki ilmu gaib yang bisa menyantet orang dari jarak jauh, dimana orang itu bisa mengirimkan santet berupa penyakit yang tidak diketahui penyebabnya secara medis. Ini biasanya dilakukan oleh seseorang terkait akan persaingan binis dan sosial.

3. Mematikan Tanaman Atau Hewan Hanya Dengan Jari Telunjuk

Ilmu ini sangatlah sakti sehingga sekarang ilmu ini sudah jarang dimiliki karena sangat berbahaya dimana ilmu suku Toraja ini menggunakan mantra khusus, yang mana kemudian menunjuk objek seperti tanaman dan hewan. Untuk mematikan objek tersebut hanya dengan menggunakan jari telunjuknya. Ilmu ini rata-rata dimiliki oleh suku Toraja bagian barat yaitu Mamasa.

4. Membangkitkan Hewan Yang Sudah Disembelih

Kadang kita melihat pada acara ritual Rambu Solo sering kali ada hewan yang sudah dipotong dan telah mati tiba-tiba bangkit kembali dan lari. Biasanya ada seseorang sedang mengetes kesaktiannya. Kadang juga seseorang mengetes ilmunya pada mobil atau alat berat yang telah dimatikan mesinnya. Ilmu ini masih banyak dimiliki oleh orang Toraja saat ini.

5.Membuat Mayat Berjalan

Ilmu ini sudah sangat jarang digunakan, ilmu ini digunakan pada saat terdesak seperti peperangan dan perjalanan yang sangat jauh dan menempuh perjalanan yang tak ada akses jalnnya untuk dilewati kendaraan. 
Ilmu ini dulu dilakukan pada masa silam, dimana ilmu ini menggunakan mantra khusus yang mana mayat berjalan dengan sendirinya layaknya orang hidup namun. Yang membedakannya yaitu cara jalannya dan tatapan matanya yang hanya menghadap kedepan, yang mana pada saat ada orang yang menyapa maka mayat itu akan rebah kembali, sehingga pada saat mengiring mayat tersebut orang yang memiliki ilmu tersebut haruslah di di depan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel