Table of Content
    Buang air besar merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh manusia. Salah satu tanda tubuh dalam kondisi yang sehat adalah buang air besar secara lancar dan teratur.

    Pernahkah Anda mengalami sakit perut dan  pingin buang air besar mendadak di tengah  perjalanan. Pastinya membuat kita kalang kabut dan keringat dingin mencari WC umum yang terdekat. 


    Cara Mengatasi BAB Dengan Batu 

    Untuk menahan keinginan buang air besar tersebut banyak orang yang memilih untuk melakukan hal yang unik yakni mengantongi batu. Apakah Anda pernah mencobanya? Ini ternyata banyak terbukti berhasil. 

    Meskipun hal ini tak masuk akal akan tetapi mengantongi batu sangatlah efektif untuk menahan keinginan kita untuk buang air besar. Mungkin kita bertanya dalam hati kenapa batu bisa menghilangkan rasa ingin buang air besar.
       
    Ada beberapa alasan mengapa mengantongi batu dapat menahan rasa ingin buang air besar yakni :

    1. Bisa Mengalihkan Fokus pikiran

    Apabila kita mengantongi batu saat perut kita mules tentunya pikiran kita beralih ke batu tersebut mengapa harus mengantongi batu itu dan banyaknya sugesti dari orang-orang yang mengatakan dan meyakinkan kita bahwa dengan mengantongi batu dapat mengatasi BAB seseorang. 

    Sehingga fokus awal kita pada rasa mules kita beralih pada batu dan lama kelamaan rasa ingin BAB pelan-pelan berkurang dan tidak terasa lagi.

    2. Batu Bisa Digunakan Sebagai Alat Istinja

    Dalam Islam batu termasuk salah satu benda yang dapat digunakan untuk membersihkan diri kotoran atau najis. ternyata batu tak hanya bisa menahan rasa mules kita akan tetapi batu bertujuan agar seseorang yang dapat membersihkan diri setelah BAB bila tak tersedia air.

    3. Melatih Otot

    Jika seseorang sering menahan beban berat di tangannya maka otot pada tangnanya akan semakin kuat begitupun kiranya bila seseorang sering menggengam batu disaat menahan BAB maka dapat dipastikan akan dapat meningkatkan otot bagian anus sehinggga orang yang sering menahan buang air besar akan memiliki otot anus yang kuat.

    4. Melatih Otak

    Bila seseorang sudah mengantongi batu namun mules pada perutnya masih terasa maka otak akan secara cepat dan lebih keras akan memberikan sinyal kepada sistem pencernaan agar lebih keras menahan rasa sakit perut itu. sehingga ini dapat meningkatkan kekuatan otak seseorang.

    Meskipun demikian ada baiknya janganlah sering-sering menahan buang air besar karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker kolon. Kanker kolon terjadi karena seringnya kita menahan buang air besar akan membuat pembengkakan pada otot usus yang slalu berkontraksi untuk menahan keinginan buang air besar sehingga timbul peradangan, infeksi hingga pertumbuhan sel kanker.
     
    Ada baiknya bila ingin buang air besar dan sudah merasakannya segeralah lakukan demi kesehatan tubuh kita. Namun bila keadaan terpaksa dan tidak memungkinkan cobalah lakukan hal ini.
     

    Related Posts: