Table of Content
    Pernahkah Anda merasakan getaran pada salah satu jari Anda? Yah saya sendiri pernah merasakannya, salah satu jari tangan saya yaitu jari telunjuk saya mengalami getaran atau bergerak sendiri. Apa Anda juga pernah merasakannya? Itu adalah sesuatu hal yang sudah biasa terjadi bagi tubuh kita. Namun apakah kedutan pada jari telunjuk memiliki arti? Berikut arti kedutan jari telunjuk menurut primbon.
    Jika dilihat dari sudut pandang ilmu spiritual kedutan bukanlah hal yang biasa saja, melainkan merupakan isyarat akan datangnya suatu hal di masa yang akan datang. Entah itu pertanda baik atau buruk ditentukan dari jenis kedutan apa yang dialami. Misalnya kedutan pada dahi yang membawa pertanda baik dan kedutan pada leher yang membawa pertanda buruk. 

    Jari telunjuk sering kali dikaitkan denga hal spiritual, misalnya saja mitos jangan menunjuk kuburan dengan jari telunjuk. Meskipun ada alasan secara  medis kenapa jari telunjuk mengalami; kedutan, masih saja banyak orang yang percaya dengan takhayul tersebut. Lantas apa sih penyebab kedutan dari sisi dunia medis?


    Kedutan Menurut Medis

    Jari telunjuk merupakan jari kedua jika dihitung mulai dari ibu jari tangan manusia. Memang benar jari telunjuk merupakan jari yang paling peka dibandingkan dengan jari tangan lainnya. Kedutan menurut kacamata medis itu terjadi karena adanya kontraksi saraf ringan di otak manusia sehingga membuat jari terasa seperti bergerak sendiri tanpa kita sadari. 

    Kontraksi ini menghasilkan aliran listrik yang kemudian dialirkan ke bagian tubuh sehingga terjadinya penyempitan pembuluh darah. Tahap selanjutnya yaitu aliran darah yang terhambat membuat jaringan otot bergerak naik turun secara paksa, dan itu biasa disebut sebagai kedutan.

    Arti Kedutan Pada Jari Telunjuk Tangan Kanan

    Orang dulu percaya bahwa ketika seseorang mengalami kedutan, entah itu di bagian kepala, tangan, tubuh dan semua bagian anggota tubuh adalah sebuah tanda orang itu akan mengalami suatu hal. Entah itu baik atau buruk ditentukan oleh bagian tubuh apa yang mengalami kedutan. Bahkan tidak hanya itu saja, kedutan pada bagian tubuh tertentu memiliki arti yang berbeda tergantung pada jam berapa orang tersebut mengalami kedutan.

    Begitupun dengan kedutan pada jari telunjuk sebelah tangan kanan juga memiliki arti yang masih jarang orang tau. Apakah Anda pernah atau baru saja mengalaminya? Jika Anda baru saja mengalami ini, hati-hati! Kedutan pada jari telunjuk merupakan tanda bahwa sebentar lagi rahasia Anda yang selama ini Anda pendam dan sembunyikan akan diketahui orang banyak. Namun, sebelum itu terjadi waspadalah agar pertanda ini tidak benar-benar terjadi.



    Related Posts: