Table of Content
    Di dalam ajarak kejawen atau Jawa, untuk mendapatkan keberkahan hidup sangat banyak yang bisa dilakukan. Mungkin sudah terdengar familiar dengan puasa mutih, yah puasa tersebut dilakukan untuk sebagai pelengkap suatu tirakat. Tak lain halnya dengan puasa weton yang juga termasuk salah satu puasa yang dilakukan untuk mendapatkan keberkahan hidup serta untuk keberhasilan tirakat atau hajat. Di sini kami memberikan  tata cara puasa weton untuk keberkahan hidup dan keberhasilan hajat.

    Menurut orang Jawa semua hal gaib senantiasa berada di samping setiap manusia, salah satunya keyakinan kejawen. Nah apa itu pasa weton? Puasa weton adalah puasa yang dilakukan bertepatan pada hari weton. Biasanya puasa weton dilakukan oleh orang yang sedang melakukan sebuah ritual ataupun tirakat.

    Hari weton dipercaya sebagai hari naas bagi siapa saja yang bertepatan harinya. Perbedaan pendapat tentang puasa weton pun berbagai macam. Ada yang mengatakan bahwa puasa weton dilakukan pada waktu hari kelahiran saja, puasa weton dilakukan sehari sebelum hari kelahiran dan sesudah kelahiran. Bahkan ada yang mengatakan bahwa puasa weton dengan cara diwajibkan untuk mengurangi porsi makan, misalnya jika biasanya dalam sehari jatah makan sebanyak 3 kali, ubahlah menjadi satu kali sehari.

    Sebenarnya semua sama saja, yang terpenting adalah niat kita untuk melakukan puasa weton. Baiklah, berikut tata cara puasa weton untuk keberkahan hidup dan keberhasilan hajat.


    Tata Cara Puasa Weton

    Berikut tata cara puasa weton untuk keberkahan hidup. Yang terpenting Anda harus memiliki niat untuk melakuka puasa ini agar semuanya dapat berjalan dengan lancar sesuai yang Anda harapkan.
    1. Pertama-tama bangunlah pada waktu pagi sekitar jam 3 kemudian cuci muka dan ucapkan niat.  “Ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durung kasedya apa sing dadi kasedyaku”. Anda juga bisa menggantinya sesuai dengan hajat Anda sendiri.
    2. Lakukan sholat sunnah 2 rakaat sebelum adzan subuh berkumandang.
    3. Setelah melakukan sholat sunnah, lakukanlah sholat wajib subuh, kemudian akhiri dengan sholat sunnah sebanyak 2 rakaat.
    4. Di sepanjang puasa weton Anda, seringlah mengambil air untuk berwudhu
    Sangat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari puasa weton, seperti untuk menguatkan mental, kepekaan batin, meningkatkan kekebalan tubuh dan untuk keberhasilan hajat. Semoga bermanfaat
    Related Posts: