Daftar Isi

    Banyaknya cerita-certa mistis yang diangkat kedunia perfilman membuat film horor sangat disukai dan digemari oleh kalangan remaja maupun anak-anak. Film-film yang banyak yang diekspos seperti kuntilanak,sundel blong, pocong, suster ngesot dan masih banyak lagi.



    Baca juga : Hantu-hantu Apa Saja Yang Mengerikan Di Sulawesi

    Makhluk Ghaib Yang Menakutkan

    Cerita-cerita mistis ini sebenarnya berasal dari kalangan masyarkat itu sendiri yang mana mereka mendengar dari orang-orang yang dulu. Seperti halnya yang beredar dikalangan masyarakat Toraja ada beberapa hantu yang sangat menyeramkan yang masih diyakini masih ada, antara lain :

    1. Bombo

    Bombo merupakan roh orang akan meninggal ataupun roh yang sudah meninggal yang mana roh ini mengeluarkan suara rintihan yang sangat memilukan serta memperdengarkan bunyi-bunyi khusus.

    Ternyata bombo ini akan menjadi jinak atau buas tergantung dari upacara yang diinginkan dipenuhi atau tidak.

    2. Batitong

    Batitong merupakan hantu yang berasal dari roh jahat perempuan yang mati saat bersalin. Batitong akan berjalan dengan cahaya yang seperti bola yang menyala. Batitong bisa berubah wujud menjadi anjing dan babi serta bisa juga merasuki manusia.

    Batitong akan mengganggu dan mencelakai orang terutama perempuan bersalin serta memangsa hewan seperti kerbau dimana jika kita menemukan hewan mati mendadak dan air liur menetes dari mulutnya itu pertanda batitong yang memangsanya.

    3. Silakku

    Silakku merupakan hantu yang berasal dari jiwa anak-anak yang meninggal dunia sebelum anak ini berjalan ataupun giginya belum tumbuh. Jiwa anak ini akan berpindah kedalam semacam burung dan berbunyi kuak-kuak-kuak.

    Adapun jika hantu silakku ini menampakkan diri maka ada kematian anak-anak. Dan penampakan hantu silakku ini bila siang hari akan berbentuk binatang.

    4. Po'pok

    Hantu merupakan roh jahat yang memperalat manusia adapun po'pok ini merupakan manusia yang dirasuki karena faktor keturunan atau gagal menjalankan ritual guna-gunanya.

    Wujud hantu po'pok ini seperti manusia yang terbang, disaat dia akan terbang maka perutnya akan ditinggalkan di bagian rumah, dan akan terdengar suara pok,pok,pok

    5. Ampupadang

    Hantu ampupadang merupakan roh-roh penguasa suatu wilayah tertentu yang mana memiliki wajah seperti manusia, rambut kuning dan giginya tajam seperti jarum. Kadang hantu ini jahat kadang pula dia berbuat baik.

    6. Pontiana

    Hantu ini merupakan roh dari wanita yang mati bersalin atau mati saat gadis, dimana penampakannya selalu muncul di malam hari tepatnya di kuburan atau di tempat wanita bersalin itu meninggal. Hantu ini akan menampakkan dirinya dengan paras yang cantik akan tetapi dia takkan memperlihatkan bagian belakangnya.

    7. Pannaddara

    Panaddara sama dengan sosok hantu wewe gombel yang mana bentuknya memiliki payudara besar dengan bibir tebal. Jika seorang pria bertemu dihutan untuk bisa lari dari hantu ini, cukup kamu mengatakan ingin menjadi istrinya sehinggga panaddara akan tertawa bahagia hingga bibirnya tambah melebar menutupi matanya saat itulah anda bisa melarikan diri.

    Itulah beberapa jenis makhluk gaib yang secara turun temurun dipercayai oleh kalangan masyarakat Tanah Toraja bagaimana dengan di daerah kalian makhluk gaib apa saja yang ada di daerahmu.
    Artikel Terkait: