Daftar Isi
    Soppeng merupakan daerah agraris yang berada di wilayah Sulawesi Selatan, Soppeng sendiri beribukota Watansoppeng. Dimana Soppeng terkenal dengan julukan Kota Kalong, kalong-kalong ini banyak bergelantungan di atas pohon yang uniknya kalong-kalong ini bergelantungan di tengah perkotaan.

    Banyaknya bukit-bukit yang menghiasi kota soppeng ini sehingga menambah keindahan dan keasrian yang dimiliknya. Dikota kalong sendiri terdapat sebuah villa yang cantik peninggalan kolonia Belanda yang terkenal dengan nama Villa Yuliana.

    Misteri Villa Yuliana yang  Ada Di Soppeng

    Villa Yuliana Dengan Sejarah dan Cerita Mistisnya

    Villla Yuliana merupakan bangunan dengan arsiktur Belanda bercampur dengan Bugis. Yang mana bentuknya masih dijaga sampai sekarang. Villa Yuliana merupakan peninggalan pemerintahan kolinia Belanda yang dibangun pada tahun 1905 oleh Gubernur Hindia Belanda C.A Kroesen dan diresmikan pada tahun 1906.

    Villa  diberikan nama Villa Yuliana karena ini sebagai penghormatan dan kecintaannya kepada Calon putri mahkota Yuliana yang bertepatan kelahirannya. Dimana Putri Yuliana merupakan anak yang telah dinantikan oleh Ratu Wilhelmenia. 

    Dimana Villa Yuliana sendiri memiliki kembaran di Negeri Bunga Tulip yaitu Belanda, yang membedakan di mana di Soppeng berupa villa sedangkan di Belanda berbentuk istana.

    Yang mana sekarang ini villa inikini dijadikan sebagai museum oleh pemerintahan daerah dan diberi nama Museum Latemmamala. Didalam museum ini tersimpan berbagai kolesi bersejarah mulai dari senjata, mangkok, piring, guci dan lain-lain.

    Cerita Mistis Villa Yuliana

    Bagi masyarakat Soppeng, Villa Yuliana dikenal dengan nama Mess Tinggi. Bangunan yang berdiri kokoh di atas bukit, dimana bangunan ini didominasi warna putih dan hijau.

    Dibalik keindahan villa cantik ini ada cerita mistik yang menyelimuti bangunan yang telah berumur puluhan tahun ini.

    Begitu seringnya penampakan yang dilihat oleh masyarakat sekitar bahkan pengunjung villa ini menambah mistis akan villa ini.

    Mulai dari pintu tiba-tiba terkunci dengan sendirinya, hingga penampakan dan suara-suara yang aneh
    Terkadang pengunjung mendengarsuara derap kaki mirip orang berbaris, yang dimungkinkan itu adalah suara tentara belanda yang sedang berbaris.

    Lain halnya dengan pengunjung lainnya saat dia berkunjung di villa yang sekarang berubah jadi museum, dia tak mendengar suara derap kaki namun yang dia dapati sebuah penampakan seorang wanita bergaun putih yang ada dilantai dua bangun ini.

    Dan yang paling menakutkan lagi bila pengunjung datang ke villa ini dan dia sangat berisik maka lampu pijar yang menggelantung akan bergoyang dengan sendirinya ini pertanda penghuni villa ini marah, bukan hanya itu saja jika pengunjung banyak tingkah terkadang kakinya langsung terkilir.

    Bila kita memasuki ruangan terkadang kita mendengar suara seperti ada orang mandi dan banyak lagi kejadian yang dialami oleh pengunjung villa tersebut.

    Bagaimana apakah Anda berminat untuk mengunjungi Villa Yuliana ini yang telah berganti dengan nama Museum Latemmamala. Ini merupakan destinasi wisata yang bisa anda datangi. Semoga ini bisa bermanfaat.

     

    Artikel Terkait: