Daftar Isi

     


    Dari sekian banyaknya cerita mistis yang tersebar di indonesia, dari cerita cerita mistis yang melagenda seperti mahluk mahluk yang mengerikan di setiap daerah.

    Daerah sulawesi memiliki mitos tentang parakang mahluk jadi-jadian, mahluk ini merupakan perwujudan dari seorang yang pernah mempelajari ilmu pesugihan ataupun ilmu hitam, namun gagal.

    Parakang adalah mahluk yang bisa merubah wujud nya menjadi hewan,atau tumbuhan, maupun benda. Parakang merupakan mahluk yang sangat mengerikan, karena tidak segang segang membinasakan korbannya.

     

    Wujud dari mahluk parakang

    Menurut kepercayaan masyarakat sulawesi, parakang merupakan manusia biasa yang mana pernah mempelajari ilmu pesugihan atau ilmu hitam yang mana ilmu tersebut gagal. yang mana membuatnya menjadi sosok mahluk jadi-jadian parakang.

    Parakang juga berakibat dengan keturunannya kelak, menurut cerita masyakat parakang juga bisa saja di warisi dari kakek moyan mereka dahulu atau kah orang yang sudah mempelajari ilmu hitam namun gagal tersebut akan mewariskan keturunan parakang pada anak cucunya kelak.

    Wujud dari mahluk jadi-jadian yang biasa di kenal dengan parakang bisa berwujud seperti manusia biasa, namun bola mata yang kelihatan memerah, kuku jari-jari memanjang dan tajam, kulit keras dan tebal, sangking keras dan tebalnya kulit dari sosok parakang tersebut menjadikannya kebal dan tidak mempan jika di tusuk benda tajam.

    Parakang juga memeliki ilmu atau kemampuan yang dapat menjemah atau berubah wujud,seperti.

     

    Parakang menjelmah menjadi hewan

    Parakang bisa saja merubah wujudnya menjadi seekor hewan di mana saja dan kapan saja, namun parakang bukanlah sosok yang sempurnah, jelmaannya dapat di ketahui oleh orang yang melihatnya karena ketika parakang merubah wujudnya menjadi kucing atau anjing, yang membedakannya dengan hewan melatah tersebut adalah kakinya cenderung lebih panjang di bagian kaki belakang, dan juga cara berjalannya yang mana sosok jelmaan tersebut berjalan menunduk kelihatan seakan-akan kepala hampir menyentuh tanah.

     

    Parakang menjelmah menjadi pohon

    Parakang juga dapat menjelmah menjadi pohon, namun perwujudan dari jelmaannya juga dapat di bedakan oleh orang lain, karena pohon perwujudannya terlihat seperti pohon yang mana hanya memiliki dua ranting yang merupakan perwujudan dari tangan manusia.

     

    Korban yang diincar dari mahluk parakang

    Berdasarkan kisah yang di ceritakan, parakang mengincar korban yaitu manusia yang di ambang kematian, seperti orang yang sedang keritis dan terbaring tidak sadarkan diri, tujuannya ingin menyantap bagian organ manusia sperti paru-paru, usus, anus, bahkan organ hati manusia.

    Dan yang menjadi incaran yang paling rentan di datangi oleh mahluk parakang tersebut adalah orang hamil yang sedang proses melahirkan,tujuannya ingin memangsa ari-ari dari bayi tersebut dan juga usus atau organ lain nya dari wanita yang sedang proses melahirkan tersebut.

     

    Cara mengalahkan parakang

    Konon katanya parakang bisa di kalahkan hanya dengan satu kali pukulan, namun berbeda cerita jika parakang di pukul berkali-kali.

    Jika sosok parakang di pukul dengan pukulan yang sedang dengan jumblah pukulan hanya sekali, biasanya sosok parakang akan menghilang dan di pastikan jasad nya telah meninggal.masyarakat pedalaman di daerah sulawesi mempercayai jika tiba-tiba mendengar kabar orang meninggal tiba-tiba pada saat tertidur dan tidak memiliki riwayat sakit, itu di pastikan adalah perakang yang mana sosok jelmaannya terkena pukulan tunggal.

     

     

    Karena seperti yang masyarakat sulawesi ketahui,parakang merupakan perwujudan dari jiwa-jiwa manusia yang menganut ilmu ilmu hitam yang gagal,yang hanya jiwa nya yang gentayangan dan tubuh nya tetap di rumah, tapi jika wujud parakang terkena pukulan tunggal maka spontan tubuhnya menjadi jasad yang binasa.