Table of Content
    Seperti sama-sama kita ketahui, Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, bagi umat Islam selama bulan Ramadhan diwajibkan puasa tidak makan dan minum dan dari segala yang membatalkan puasa mulai waktu imsak (terbit fajar) sampai terbenamnya matahari atau magrib selama satu bulan penuh..

    Menurut pandangan spiritual metafisik, puasa punya efek yang sangat baik dan besar terhadap kesehatan tubuh dan pikiran..

    Karena dengan puasa dapat menahan nafsu dari berbagai syahwat, sehingga ia siap mencari sesuatu yang menjadi pusat kebahagiaannya, menerima sesuatu yang mensucikannya, yang di dalamnya terdapat kehidupan yang abadi, mematahkan permusuhan nafsu terhadap rasa lapar dan dahaga serta mengingatkan kita dengan orang-orang miskin yang menderita kelaparan setiap harinya, puasa dapat menyempitkan jalan setan pada diri manusia dengan menyempitkan jalan aliran makanan dan minuman yang masuk ketubuh manusia..


    Berikut 15 Rahasia Puasa Orang Jawa..!!




    Bagi seseorang yang sudah terbiasa menjalankan puasa, seluruh racun, energi negartif dan mahluk eterik negative yang berdiam di dalam tubuh manusia akan keluar; sehingga tubuhnya bersih dan sehat. Bila tubuh seseorang itu bersih dan sehat, maka roh-roh suci pun akan datang padanya dan menyatu dengan dirinya..

    Dalam tradisi spiritual ala Kejawen, seorang penghayat kejawen sejati menjalankan ritual puasa didasarkan pada hitungan hari tertentu dalam kalender jawa.

    Ritual puasa tidak hanya dapat menaikan kekuatan dan kemampuan spiritual metafisik seseorang, tapi juga untuk memperkuat hubungan dengan saudara kembar gaibnya, yaitu sedulur papat lima pancer.

    Puasa dalam tradisi Kejawen tidak dilakukan sendirian, melainkan dibimbing oleh hal-hal gaib (arwah leluhur dan roh-roh suci)..

    Berikut adalah 15 rahasia ritual puasa yang biasa dilakoni para penghayat Kejawen..


    1.  Puasa Mutih 

    Adalah Puasa dengan cara tidak diperbolehkan memakan apapun, kecuali nasi putih dan air putih.

    2. Puasa Ngebleng 

    Adalah tidak boleh makan dan minum serta tidak melakukan aktivitas rutin harian  dan tidak keluar kamarnya selama seharian penuh (24 jam).

    3. Puasa Pati Geni

    Seperti puasa ngebleng, tapi lebih ekstrim karena tidak boleh meninggalkan ruangan tanpa alasan apapun dan tidak boleh tidur sama sekali, biasanya dilakukan sehari semalam, tiga hari, tujuh hari atau lebih asal dengan keyakinan dan kesiapan fisik dalam menjalankannya.

    4. Puasa Ngrowot 

    Adalah puasa yang dilakukan sejak subuh atau sejak jam 12 malam sampai terbenamnya matahari, waktu jam 12 malam atau waktu sahur hanya makan buah 1 jenis/macam buah tapi jumlahnya boleh lebih dari 1 dan air putih.

    5. Puasa Ngalong 

    Adalah berpuasa orang yang melakukan puasa berposisi seperti kelelawar di atas pohon; kepala di bawah sementara kaki di atas. Hal yang harus diperhatikan kalau mau melakukan ritual ini adalah kekuatan fisik dan pengaturan nafas.

    6. Puasa Ngasrep 

    Adalah puasa yang dilakukan hanya boleh makan dan minum yang tidak ada rasanya dan minumnya (air putih) hanya diperbolehkan tiga kali sehari.

    7. Puasa Senin Kamis 

    Adalah seperti puasa biasa/puasa ramadhan hanya dilakukan tiap hari Senin dan hari Kamis.

    8. Puasa Ngeluwang 

    Adalah ritual tapa dengan puasa. Cara menjalankan ritual Ngeluwang adalah dengan di kubur di suatu pekuburan atau tempat yang sangat sepi.

    Ritual Ngeluwang adalah ritual yang paling menakutkan, jangan sembarangan melakukan ritual ini karena pelakonnya akan melihat dan didatangi hal-hal mengerikan dan menakutkan seperti didatangi arwah gentayangan, jin dan makhluk halus lainnya; sehingga butuh keberanian dan nyali yang besar serta fisik yang prima untuk melakukannya.

    9. Puasa Ngelowong 

    Adalah puasa yang lebih mudah aturannya hanya tdika makan dan tidak minum dalam jangka waktu tertentu dan boleh keluar rumah dalam waktu 24 jam boleh tidur hanya 3 jam.

    10.  Puasa Nganyep 

    Adalah puasa yang dilakukan dari terbit fajar hingga magrib, tetapi makanannya harus tanpa rasa. Puasa nganyep hamper serupa dengan puasa mutih, bedanya puasa nganyep makanannya lebih beragam tapi tanpa rasa apapun.

    11.  Puasa Ngidang 

    Adalah puasa hanya boleh makan daun-daunan dan air putih.

    12.   Puasa Ngepel 

    Adalah puasa dengan hanya makan sekepel tangan nasi putih dalam satu hari.

    13.   Puasa Tapa Jejeg 

    Adalah puasa yang tidak boleh duduk selama 12 jam.

    14.   Puasa Lelono 

    Adalah berjalan kaki atau mengelilingi sesuatu sejak pukul 12 malam sampai pukul 3 dini hari.

    15.   Puasa Wungon 

    Puasa ini disebut puasa pamungkas, sebab dilakukan terakhir sebagai penutup; yaitu tidak makan dan tidak minum serta tidak tidur selama sehari penuh atau 24 jam.

    Tujuan ritual puasa tersebut bermacam-macam ada yang untuk mendapatkan ilmu kedikdayaan atau kesaktian, ilmu pengasihan, ilmu kanuragan, ilmu pengobatan, ilmu gaib dan lain-lain. Beberapa ritual puasa tersebut sudah penulis lakoni/lakukan..

    Ada beberapa ritual puasa tersebut yang tidak dapat dilakukan asal-asalan atau sembarangan, bila Anda ingin mendalami atau melakoni ritual tersebut sebaiknya didampingi oleh seorang guru yang mumpuni, Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang apa saja rahasia puasa menurut orang Jawa..

    Semoga bermanfaat..
    Related Posts: