Menguak Filosofi Senjata Khas Aceh

Hampir disetiap Daerah Indonesia mempunyai ciri khas serta adat istiadat yang berbeda, begitu juga pusakanya seperti senjata tradisional Aceh rencong serta ciri ciri bentuk rencong dan senjata khas masing-masing daerah.

Seperti yang saya sampaikan diatas senjata rencong berasal dari Daerah Aceh di Indonesia bagian barat, senjata rencong Aceh kuno sudah sangat jarang ditemukan diluar dari museum. Ada berbagai macam bentuk senjata rencong dan ukurannya.

Untuk harga rencong Aceh sendiri berfariasi dengan bentuk, tekstur serta ukurannya. Bagi Anda pecinta atau seorang kolektor rencong dan senjata klewang juga bagus untuk menghiasi ruang dirumah Anda, selain bentruknya yang unik tapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai warisan kebudayaan bangsa.

Salah satu keeksotisan dari Daerah ini adalah pakaian adat aceh yang selalu dikenakan dalam setiap acara atau pementasan, kalau untuk keris berasal dari tanah Jawa yang berlekuk dan ada juga yang berbentuk panjang lurus.


Jenis Senjata Aceh Lengkap Dengan Penjelasannya Kateristiknya

Berikut ini ada beberapa macam jenis senjata yang berasal dari Aceh yang memiliki karisma dan kateristik.

1. Senjata Rencong

Selain rencong terkenal diseluruh Indonesia senjata ini juga dipakai sejak zaman dulu untuk berperang oleh kesultanan Aceh, rencong memiliki kateristik yang unik dengan ukuran yang mungil yang mempunyai bilah pisau tajam sehingga baik untuk dipakai jarak dekat.

Untuk asal mulanya sendiri. Rencong pertama kali dipakai oleh Sultan dan sampai sekarang keluarga Bangsawan juga memilikinya dan biasanya dibuat dengan menggunakan bahan Emas dengan sarung gading, dan masyarakat biasa memiliki senjata rencong yang terbuat dari kuningan atau besi yang berwarna putih dengan sarung yang terbuat dari kayu.

2. Senjata Meupucok

Jenis senjata yang masih tergolong rencong yang ada beberapa bagian yang telah diubah atau modifikasi sehingga yang nampak terlihat berbeda. Ciri-ciri meupucok yang memiliki pucuk bilah yang diberi tambahan ukiran terbuat dari emas dan diletakkan pada atas gagangnya.

Senjata Meupucok ini biasanya hanya digunakan sebagai hiasan untuk acara-acara penting seperti acara adat, kesenian dan lainnya. Ciri-ciri lainnya yakni besi pisau yang tipis, memanjang serta runcing dan memiliki gagang senjata yang melengkung.

3. Senjata Meucugek

Masih sama seperti Meupucok, Meucugek juga masih tergolong atau sejenis dari Rencong yang masih sering digunakan. Ada istilah dalam senjata yang satu ini yakni Cugek yang berarti perekat yang dimana bahannya berfungsi memudahkan penggunanya untuk menusuk kebadan musuh atau lawan.

Besi baja yang dipakai Meucugek yang hanya memiliki satu warna yakni putih dengan ujung senjata meruncing yang lebih efektif untuk menikam para musuh. Untuk gagang bilahnya sendiri cukup tebal dan sangat kuat untuk menahan tangan saat menusuk lawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel