Budaya Dan Asal Usul Keris

Sebagai generasi milenial sekarang ini kita juga wajib tahu tentang filosofi keris serta jenis keris dan manfaatnya, karena keris adalah senjata tradisional khas Indonesia dan juga harus banyak tahu filosofi keris basa jawa meskipun kita berapa diluar pulau jawa.

Arti nama keris yang dalam perkembangannya budaya keris mengikuti perjalanan sejarah sampai sekarang ini sangat dikenal dan hampir diambil oleh Negara tetangga, keris kuno sudah sangat jarang terlihat atau ditemukan serta macam macam keris dan kegunaannya juga berbeda-beda

Artikel bahasa jawa tentang kebudayaan keris dalam bahasa jawa yang kini budaya ini telah tersebar hingga ke Negara-negara lain seperti Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam dan Malaysia sudah mempelajari bagian bagian keris, lalu mengapa generasi sekarang malah lebih asik bermain Handphone.

Untuk di Pulau Jawa sendiri, keris termasuk atau dikategorikan sebagai salah satu cabang budaya tosan aji. Beberapa tahun lalu budaya keris Indonesia hampir dicuri oleh Negara lain yang menyatakan bahwa keris adalah senjata pusaka milik nenek moyang mereka.


Macam-macam Keris Di Daerah Indonesia 

Kenali senjata pusaka kita lebih banyak lagi khususnya keris dan daerah asalnya.

1. Keris Empu Gandring

Senjata pusaka yang terkenal di Jawa Timur ini dijuluki sebagai keris empu gandring selain itu sangat masyur dalam sejarah berdirinya kerajaan singasari yang lebih tepatnya berada didaerah Malang. Menurut cerita zaman dulu senjata pusaka ini mempunyai kutukan yang telah menewaskan para bangasawan kerajaan Singasari tidak terkecuali Ken Arok yang mendirikan kerajaan.

2. Keris Kyai Kanjeng Condong Campur

Kalau untuk senjata pusaka yang satu ini yakni keris Kyai Condong Campur termasuk pusaka dari kerajaan majapahit yang sangat masyur dan dikenal sebagai Kanjeng Kyai Condong Campur. Konon keris ini termasuk salah satu keris dhapur keris berbentuk lurus dengan bilah ricikan yang memanjang.

Dengan diameter ukuran sedang seperti kembang kacang, lambe gajah, satu sogokan didepan yang dimana ukuran panjangnya sampai ujung bilah, tapi tidak memiliki sogokan belakang dan selain itu juga memakai gusen serta lis-lis-an.

3. Keris Pusaka Setan Kober

Pembuat karya terindah keris Pusaka Setan Kober ini adalah empu Supo Mandagri yang juga keturunan dari empu yang berasal dari daerah Tuban. Untuk sejarah yang lebih detai dari empu Supo Mandagri yang lama berguru kepada seorang sunan yang bernama Sunan Ampel ini berasal dari agama Islam Demak Bintaro di Jawah Tengah.

4. Keris Tayuhan

Senjata pusaka tradisional asal bali yakni keris tayuhan. Dalam sejarah keris ini diyakini sudal lama berasaal dari kebudayaan kerajaan zaman dulu yang masih berkaitan dengan kerajaan majapahit. Untuk masyarakat bali sendiri senjata pusaka keris tayuhan ini dijadikan sebuah simbol dan menjadi identitas diri.

Ada pula magis yang terkandung dalam keris tayuhan dan dengan begitu banyak sekali nilai-nilai terkandung dalamnya. Untuk menyimpannya saja perlu perawatan yang ekstra telaten atau teliti. Butuh perhatian khusus dan keris ini juga digunakan hanya sebagai melindungi atau membela diri orang orang jahat atau juga dipakai dalam perang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel