Beberapa Bangunan Unik Dan Sejarahnya Di Tangerang

Kalau berbicara soal bangunan tua pastinya identik dengan makhluk gaib apalagi di Negara kita begitu banyak bangunan tua di kota Tangerang dan keunikannya. 5 bangunan tua di Tangerang dan keunikannya yang konon terdapat cerita hantu bersejarah.

Tidak sedikit bangunan di Tangerang yang sudah tidak terpakai lagi dengan beberapa alasan yang kurang jelas seperti salah satu gedung tua di daerah Tangerang yang katanya ada sosok hantu yang sering muncul menjahili orang.

Di kota Tangerang banyak bangunan tua kamu dapat mencari tahu nama nama bangunan tua di Tangerang, dan bukan hanya soal hantu saja yang ada tapi 5 keunikan kota Tangerang yang perlu atau wajib Anda ketahui bila berkunjung ketempat tersebut.

Anda bisa mempelajari semua tentang kota Tangerang mulai dari gambar dan nama bangunan tua di tangerang serta dengan 20 tempat bersejarah di tangerang, yang terkenal dari masa penjajahan sampai sekarang. Bangunan apa sajakah itu???


Bangunan Bersejarah Di Kota Tangerang Yang Terpoler

Dibawah ini beberapa bangunan yang memiliki sejarah penting yang wajib Anda ketahui dalam era milenial ini.

1. Bangunan Reruntuhan Benteng

Kota tangerang Sering diidentikkan dengan Kota Benteng. Pada zaman VOC telah dibangun sebuah benteng besar yang dipakai untuk bertahan dekat Sungai Cisadane yang dipakai oleh Bupati Tangerang I ( Aria Soetidilaga I ) semenjak dari serangan Kesultanan Banten, dan benteng ini sudah tidak dirawat lagi dati tahun 1812 yang dilontarkan dari laporan (Superintendant of Public Building and Work) tahun 1816 bulan maret tanggal 16. Sekarang menjadi tempat bagi keturunan Tionghoa.

2. Bangunan Pasar Lama Tangerang

Salah satu ikon bersejarah terbesar Tangerang yakni Pasar Lamanya, pasar ini pun berada didekat Sungai Cisadane seperti Bangunan Reruntuhan Benteng. Pasar ini menjadi dambaan masyarakat di Kota Tangerang karena memiliki banyak barang yang berkualitas bagus dan dibawah harga atau terjangkau dari harga toko-toko besar seperti swalayan.  Selain barang dan harga yang murah, Pasar Lama Tangerang adalah pasar tradisional tertua. Tempat itu juga dipenuhi warga Tionghoa.

3. Bangunan Klenteng Boen Tek Bio


Dalam bahasa Indonesia dari Klenteng Boen Tek Bio adalah Kuil literatul serta kebijakan dan menjadi kuil Tionghoa yang paling tua di Tangerang. Lokasi dari Kelnteng ini berada di Jalan Bhakti dan Jalan Cilame di Daerah dekat Pasar Lama. Dibangunnya Klenteng Boen Tek Bio dari tahun 1684 dan juga tergolong bangunan terpenting di Tangerang.

4. Bangunan Vihara Padumuttara

Dibelakang dari Klenteng Boen Tek Bio ada Vihara Padumuttara yang lokasinya tidak jauh. Saat memasuki Vihara Padumuttara ada nuansa sejuk dan damai. Untuk ukurannya sendiri sangat besar dan dipastikan selalu bersih dari sampah. Dalam uparanya pernah diselenggarakan acara Pura bakti serta Penyuluhan 1000 persembahan lilin, dan acara tersebut diadakan oleh Vihara Padumuttura, Universita Buddhi Dharma, Vihara Budhi Vardana, dan Perkumpulan Boen Tek Bio pada 18 April 2015.

5. Bangunan Masjid Jami Kali Pasir

Jarak yang juga tidak terlalu jauh dari Klenteng Boen Tek adalah bangunan indah Masjid Jami Kali Pasir yang juga dimana Masjid ini tergolong tempat ibadah yang sudah tua, yang pernah dipakai oleh masyarakat kerajaan Padjajaran. Dibangun di Kota Tangerang dekat pula dari Sungai Cisadane yang tepatnya berada ditengah pemukiman warga Tionghoa Kelurahan Sukasari yang juga dibangun dengan corak khas China.

6. Bangunan Museum Benteng Heritage

Bangunan Museum Benteng Heritage ini berada ditengah Pasar Lama yang bertingkat dua, yang sekarang ini bangunan bawahnya dijadikan sebagai restoran, tempat nongkrong, berjualan barang ciri khas Tangerang serta sebagainya, dan lantai keduanya dipakai untuk menaruh koleksi Museum. Museum tersebut dimiliki oleh Udaya Halim bernuansa tradisional Tionghoa yang didirikan dari abad ke-17.

Jika masih ingin tahu lebih banyak lagi tentang bangunan Kota Tangerang yang megah dan indah tidak ada salahnya untuk langsung mengunjungi Kota Benteng yang banyak memiliki sejarah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel