Gunung-Gunung Yang Angker dan Misterius

Indonesia terkenal akan keindahan pulau-pulau yang membentang dari ujung barat samapai ke ujung timur, dimana juga barisan gunung yang menjulang tinggi dengan gagahnya. Bagi para pendaki gunung setiap gunung yang didakinya mempunyai legenda dan kisah yang mesterius yang tidak bisa terpecahkan. Sering kali para pendaki mengalami hal-hal aneh ketika mereka mencoba menjelajah dan berpetualang di daerah pegunungan.Namun demikian banyak pendaki menjadi tertantang akan hal itu dan menjadikan beberapa gunung yang menjadi favorit.

Kadang kita tidak percaya akan apa yang diceritakan oleh orang-orang atau masyarakat di sekitar gunung tersebut. 


Gunung-Gunung Yang Angker dan Misterius

Gunung-gunung paling angker dan misterius paling banyak di pulau jawa. Para pendaki dan orang-orang yang ada dikawasan gunung itu menyakini akan hal gaib dan misterius di tambah lagi legenda-legenda yang ada.

Berbicara tentang mitos kadang setengah dan tidak percaya namun kadang ita menemukan itu menjadi nyata. Kalau anda tidak percaya akan baiknya bila kita berjaga-jaga saja, ini sebagai wujud dari kearifan lokal budaya dan kepercayaan masyarakat disana dan menghargai peraturan-peraturan yang sudah ada sejak dahulu.

Ada beberapa gunung paling angker di Indonesia salah satunya :

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru ada diantara dua kabupaten yakni Malang dan Lumajang,dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru terkenal akan keindahannya dimana ada danau yang indah dengan nama Ranu Kumbolo, akan tetapi di balik keindahan itu terkandung sebuah misteri dan mitos tentang mahluk gaib yang sering sekali menampakkan dirinya, disaat kita bermalam di daerah sekitar Ranu Kumbolo.

Adapun penampakan mahluk gaib itu pocong dan hantu wanita di tengah danau. Ranu Kumbolo juga terkenal dengan sunrisnya yang menawan. Jika kita beruntung kita akan menemui kristales yang terbentuk karena suhu yang sangat dingin.

Adalagi bagian di gunung sameru yaitu kesurupan ini kelik dimana daerah ini sering terjadi kejadian pendaki yang hilang, terjatuh maupun tersesat dan sering terjadi kesurupan. Ada beberapa batu penanda in memoriam sebagai tanda beberapa pendaki yang meninggal di daerah itu.

2. Gunung Latimojong

Gunung ini berada di Sulawesi Selatan, Gunung Latimojong diselimuti sebuah misteri akan kisah hantu poppo. Gunung Latimojong terkenal sebagai hunian para raja dan ratu poppo.
Hantu poppo merupakan jelmaan seorang manusia yang bisa terbang kalau malam dengan mata merah yang memburu mangsa, tapi kalau siang hari dia beraktivitas selayaknya manusia, matanya merah seperti mata kena colok, gemar meludah dan bekerja giat sekali.

Sebelum  keluar Dia akan ke Gunung Latimojong meminta restu agar dia tidak celaka, apabila dia tidak minta izin akan bertemu orang sakti yang  mampu membuat dia terjatuh dan tertangkap.

Jadi berhati-hatilah bila malam hari tiba dan terdengar suara seperti "pok, pok, pok" dan sangat nyaring pertanda dia masih jauh tapi jika terdengar lirih berarti dia di dekatmu.

Dan bagi pendaki gunung sebelum mendaki Gunung Latimojong, sering pemandu atau warga sekitar memperingati agar supaya menggunakan gelang rotan, dimana gelang rotan bagi masyarakat dipercaya akan menjagai para pendaki dari gangguan mahluk gaib dan penunggu gunung itu.

Gelang rotan menandakan bahwa mereka bertamu dan datang baik-baik, serta mereka seolah-olah keturunan ali gunungLatimojong dimana gelang rotan merupakan simbol dari leluhur warga setempat yaitu Janggok Riri dan Nenek Menga.

Dan apabila terdengar suara dengungan burung pertanda bahwa pendakian akan baik dan berlangsung lancar, akan tetapi apabila suara dengungan lebah terdengar merupakan pilihan buruk untuk melanjutkan pendakian lebih baik turun gunung demi keselamatan.

3. Gunung Lawu

Gunung lawu berdiri kokoh dan menjulang tinggi yang memisahkan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbicara perihal Gunung Lawu tidak jauh yang namanya kerajaan Majapahit dimana identik dengan cerita mistis dengan adanya peninggalan 2 candi yang terdapat disisi barat Gunung Lawu yaitu Candi Cetho dan Candi Sukuh.

Menurut sejarah Gunung Lawu merupakan gunung tertua di pulau jawa dulu namanya Wukir Mahendra dan konon gunung ini tempat muksonya Raja Brawijaya V.

Adapun mitos yang lain yaitu adanya Pasar Setan dimana para masyarakat disana menyakinkan bila terdengar suara dengan nada "beli apa dik" kita harus menjawab dan membeli barang seakan-akan membeli barang dengan cara ambil barang yang ada didekat kita misalnya tanah, daun, ranting dan meliparkan uang ke arah suara tadi. Pasar setan berada pada pos 5 jika kamu naik dari candi Cetho.

Cerita misteri lainnya dimana para pendaki hendaknya tidak memkai pakaian berwarna  hijau muda demi keselamatannya. Mitos yang beredar bahwa pendaki yang memakai warna hijau muda ditakutkan tidak bisa pulang karena menyerupai warna Hutan Lawu yang lebat dan hijau.

Mitos yang lainnya bila kita bertemu burung jalak gading saat mendaki itu pertanda baik, burung jalak kuning ini akan muncul jika hati para pendakinya tulus dan baik serta memiliki niat baik dan tidak merusak.

Selain itu bila hendak mendaki hendaknya berjumlah genap hal ini perlu diperhatikan jumlah yang akan berangkat apabila anggota pendaki berjumlah ganjil akan menemui kesialan seperti kecelakaan, tersesat dan jatuh, bukan mitos tapi kenyataan yang terjadi. 

Pendaki dilarang memakai pakaian hijau muda demikeselamatannya. mitos yang beredar bahwa pendaki yang memakai warna hijau muda ditakutkan tidak bisa pulang karena menyerupai warna hutan lawu yang lebat dan hijau.

Mitos yang lainnya bila kita bertemu burung jalak gading saat mendaki itu pertanda baik, burung jalak kuning ini akan muncul jika hati para pendakinya tulus dan baik serta memiliki niat baik dan tidak merusak.

Adapun mitos yang lain yaitu bila hendak mendaki hendaknya berjumlah genap hal ini perlu diperhatikan jumlah yang akan berangkat apabila anggota pendaki berjumlah ganjil akan menemui kesialan seperti kecelakaan,tersesat dan jatuh, bukan mitos tapi kenyataan yang terjadi.

4. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno terkenal dengan keeksotisan dan kegagahannya,dalam pewayangan Arjuna terkenal akan kegantengannya. Gunung Arjuno terletak di Malang, dibalik semua itu tersirat sebuah misteri yang meliputi gunung tersebut. 

Gunung Arjuna terkenal dengan keangkerannya dimana  tepatnya Alas Lali Jiwo, ini merupakan tempat yang harus selalu diperhatikan bagi pendaki karena sudah banyak yang mengalai pengalaman yang menyeramkan selama digunung Arjuna.

Ingat!!! ketika melewati area Alas Lali Jiwo ini, hendaklah waspada dan selalu fokus dan jangan sampai terpencar, apabila ini terjadi anda mengindahkannya fatal resikonya, mereka yang terpencar akan hilang selamanya. Dan bila melewati area itu hendaknya jangan mengeluh atau memaki-maki. 

Memang mendakaki merupakan suatu kegiatan yang bisa membuat rileks dan kita bisa lepas dari kebisingan kota serta bisa kita menghirup udara yang segar. Bila kita ingin melakukan pendakian perhatikanlah seua kelengkapan anda dan jangan menganggap remeh dan takabur akan misteri dan kepercayaan di setiap tempat yang akan di tuju.

Semoga ini menambah destinasi anda dalam melakukan perjalanan dan refresing untuk mendaki. Ingatlah kelestarian gunung dan hutan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel