Kesenian Terkenal Dibali Ternyata Mengandung Unsur Gaib

Bukan hanya satu tapi ada beberapa seni pertunjukan bali yang memiliki unsur mistis dan begitu juga dengan teater bali serta temasuk dengan alat musik bali yang diberi sentuhan mistis yang kuat saat ingin menyelenggarakan acara atau upacara adat.

Ada beberapa tempat pertunjukan tari bali yang sering dilakukan upacara adat bali di Pulau Dewata tersebut. Kalau untuk Daerah lain seperti berikut ini seni pertunjukan khas jawa timur adalah seni Jaran Bodhag (Probolinggo), Reog Ponorogo (Ponorogo), Syi'ir Sumenep (Madura), Tari Gandrung (Banyuwagi), Tari Seblang ( Banyuwangi), Wayang Timplong (Nganjuk) dan masih banyak lainnya.

Dalam artikel ini kita akan membahas seputar kebudayaan dan kesenian Bali mulai dari lagu daerah bali, tari barong dan semua yang mengandung mistis kental dan menjadi budaya turun temurun yang masih dilaksanakan hingga sekarang.


Beberapa Kesenian Bali Yang Masih Dilaksanakan

Berikut ini beberapa kesenian Bali yang terkenal dengan unsur mistis yang masih asing ditelinga Anda dan masih dilaksanakan.

1. Kesenian Bondres

Saat ini ada banyak program TV yang berhubungan dengan kesenian gelak tawa seperti salah satunya Opera Van Java dan lain sebagainya. Kalau dibali ada juga kesenian yang mengundang tawa masyarakatnya dan masih eksis dan dipertontonkan yakni kesenian Bondres.

Kesenian ini miliki banyak penggemar dan juga group bondes yang terkenal dipulau Bali seperti Celekontong mas, Dwi mekar, Sekdut, Lolak dan kawan-kawan serta masih ada banyak lainnya. Kesenian yang satu ini memberi sentuhan lawakan atau candaan bahasa asing serta bahasa Bali yang dicampur dengan bahasa Indonesia.

Yang pastinya bagi siapa saja yang menonton pertunjukan ini akan tertawa terbahak-bahak karena penampilan dari para pemainnya sangat kocak dan menghibur dengan menggunakan topeng penutup wajah yang culun dan lucu. Lawakan yang dibawakan sangat berbobot dan tidak alay dan sedikit campuran dari fenomena sosial yang sedang terjadi.

2. Kesenian Calonarang

Jika Anda termasuk penggemar film atau hal-hal horor, jangan anggap hebat diri Anda sebelum menyaksikan pertunjukan mistis di Bali yang diberi nama kesenian Calonarang. Yang dipertontonkan dalam Calonarang ini adalah kisah-kisah yang bertemakan kegaiban yang diangkat dan dijadikan suatu pertunjukan serta siapapun yang menontonnya dipastikan akan merinding.

Untuk melaksanakan pementasan Calonarang ini mempunyai waktu dan tempat yang telah ditentukan saat upacara keagamaan, tokoh-tokoh besar yang ada didalamnya yakni Rangda, Barong serta Celuluk yang mempunyai wajah seram dan sangar. Terbilang menegangkan karena dalam pertunjukan ini antara Rangda dan Barong saling beradu dengan menggunakan senjata keris.

Aksi mereka tidak direkayasa karena pada saat perkelahian berlangsung antara Rangda dan Barong mengalami kesurupan dan saling tusuk menusuk keris. Ditambah lagi ritual pemanggilan atau yang dikenal dengan Ngundang Leak yang dimana orang sakti atau paranormal memanggil Leak sejenis hantu atau makhluk gaib dengan menggunakan Bangke matah "Mayat".

3. Kesenian Tari Sanghyang Jarang

Untuk prosesi tarian yang sangat sakral Sanghyang Jaran ini, dikemas rapi serta bernuansa mistis dengan pragmentari pertunjukan rangda dan barong, serta guyonan “Perebutan Kecupu Manik, oleh beberapa Tokoh seperti Subali, Sugriwa dan juga Dewi Anjani”. Dengan sentuhan musik gamelan khas Dewata Pulau Bali, acaranya makin malam pun kian khusyuk dan meneganggangkan saat para penari yang sudah tidak sadarkan diri dan itu menjadi suatu trend dalam tarian ini, mulai bereaksi dengan gerakan-gerakan yang tidak beraturan atau aneh.

Dalam keadaan tidak sadar (Kesurupan) para penari tak segan-segan memakan dan menjilati besi yang sudah membara merah menyala, dan tanpa ada lecet atau tanpa sedikit pun terluka fisik. Suasana bertambah ngeri dan mistis, saat giliran para penari sanghyang jaran mementaskan tariannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel