Misteri Ilmu-Ilmu Gaib Suku-Suku di Kalimantan

Indonesia terdiri dari berbagai pulau, suku dan bahasa yang mana kita ketahui ada 1500 suku yang ada di Indonesia.

Dikalimantan terkenal dengan beberapa suku asli Kalimantan, ada Banjar, Kutai, Dayak, Tidung dan Paser.

Suku Dayak adalah salah satu suku yang paling terkenal di penjuru dunia, selain karena kebudayaan maupun adat istiadatnya dayak juga terkenal akan :

1. Tato

Yang mana tradisi tato ini memiliki makna tersendiri. Kultur tato yang ada di dayak merupakan kultur tertua yang ada di dunia.

2. Ilmu Gaib

Orang dayak terkenal akan ilmu gaib yang dimiliki, yang mana sebelum masuknya agama di tanah borneo, suku dayak menganut paham animisme yang mana menyembah roh-roh leluhur dan melakukan ritual-ritual pemujaan pada roh tersebut.

3. Mandau

Senjata khas dari Kalimantan ini, merupakan parang yang selalu di bawa kemana-mana. Walaupun ada aturan yang tertanam didalamnya yang mana dilarang untuk mengancam, dan mandau tak boleh dikeluarkan sembarangan disarungnya sebab konon bila dah keluar dari sarungnya, mau tak mau ada korban yang tewas.

4. Sumpit beracun

Senjata yang digunakan dengan cara ditiup ini sangat mematikan dan beracun. Bila sudah tertancap anak sumpit ini maka korban akan kejang-kejang hingga tewas.

5. Pasukan Hantu

Suku Dayak terkenal akan julukan pasukan hantu, yang diberikan tentara Belanda karena kemampuan suku dayak dalam berperang sangat menakutkan bagi para serdadu Belanda. Yang mana jika Orang Dayak sudah menggunakan sumpit dan mandau pastilah memakan korban bagi serdadu Belanda akan tetapi bila serdadu Belanda melancarkan serangan ke suku Dayak dengan peluru apabila ada suku Dayak yang kena, dengan bantuan sikerei (dukun) korban akan sembuh dalam hitungan hari.


Ilmu-Ilmu Gaib Suku-Suku Di Kalimantan

Kalimantan merupan sebuah kepulauan terbesar di Indunesia, yanga mana keasrian hutannya masih banyak yang terjaga. Suku-suku yang mendiami pulau Borneo ini terkenal akan adat istiadat dan kebudayaannya.

Dimana kita ketahahui suku yang ada di Kalimantan, memiliki suatu yang ditakuti yaitu ilmu gaibnya. Seperti adanya Suku Dayak yang masih mendiami kepualauan Borneo ini.

Suku-suku yang akan dibahas di bawah ini yaitu suku Dayak Punan Primitif dan suku Paser. yang mana kita ketahui mereka memiliki sebuah adat istiadat dan ilmu gaib yang dimiliki.  

Suku Dayak Punan Primitif

Suku Dayak Punan Primitif dipercaya sebagai orang gaib, manusia perkasa di hutan. Asal usul Suku Dayak Punan datang dari negeri yang bernama Yunan sebuah daerah dari dataran Cina.

Suku Dayak Punan merupakan suku dayak yang paling terbelakang baik budaya maupun kehidupan mereka. Mereka secara umum masih tinggal di goa-goa, anak-anak sungai dan hutan-hutan

Selain kecepatan, suku Punan juga dianugrai kekuatan fisik yang luar biasa, yang mana perempuan disana dapat mengangkat motor perahu berkekuatan 40 PK dengan mudahnya, yang mana lazimnya beban seberat ini dialakukan oleh 2 lelaki dewasa.

Kelebihan yang dimiliki suku Punan bisa membedakan bau manusia dengan bau-bau binatang dari jarak yang cukup jauh.

Suku Punan jaman dulu terkenal dengan pemburu kepala (ngayau), dan juga termasuk dalam kategori kanibal karena dia mempunyai kebiasaan memenggal, memakan hati dan isi perut lawannya dan memakan punggung kanan musuhnya yang tewas karena dibagian inilah paling enak dimakan.


Suku Punan juga tidak mau berhubungan dengan orang-orang diluar sukunya. Serta dalam melaukan hubungan seks, tak ada yang mengenal akan suami istri yang penting suka sama suka maka mereka akan melakukan hubungan seks itu dalam hutan atau goa.

Suku Paser

Suku Paser dan Suku Dayak kemungkinan masih satu rumpun dilihat dari bahasa, adat istiadat yang dimiliki. Yang mana kita ketahui adat istiadat yang dimiliki suku paser dan suku dayak memiliki kesamaan yaitu

- Belian : ritual untuk penyembuhan massal yang dilakukan oleh seseorang atau sepasang Mulung.

- Besipung : semacam opera atau sandiwara gaib yang diadakan di rumah besar yang gelap, yang mana tetua adat memanggil roh-roh terdahulu yang mana sandiwara yang dilakoni oleh roh-roh terdahulu di dengar oleh orang-orang yang hadir.

Kita ketahui bahwa Suku Paser terkenal akan ilmu gaibnya antara lain :

1. Parang Maya

Yang mana ilmu ini hanya dengan menggunakan tangan akan tetapi seperti menggunakan parang atau mandau membuat orang yang kena mati badan separo, atau leher seakan-akan ada bekas luka, atau tangan mendadak tak bisa bergerak.

2. Pedang Pekir

Yang mana hanya dengan menggunakan jari telunjuk seperti pedang

3. Pedang Kendali

Dengan melepaskan senjata ke sasaran jika sasaran sudah tertumpas maka pedang itu akan kembali ke pemiliknya.

4. Cuca' peruntus

Ilmu ini bisa menghancurkan organ -organ yang ada didalam tubuh

5. Cuca'mayat

Yang mana ilmu ini membuat orang hidup layaknya seperti mayat

6. Cuca'bangkai

Ini membuat orang membusuk

Masih banyak ilmu-ilmu gaib yang ada di Kalimantan yang mana semuanya itu mungkin kita tidak mempercayainya. Kalau Anda ingin membuktikannya sendiri datanglah ke pedalaman Kalimantan dan cobalah rasakan kedasyatannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel