Mitologi Nama Dewa Dewa Dan Kekuatannya Dalam Hindu

Hindu adalah salah satu agama yang ada di Negara kita yang menyembah dewa dewi, ada banyak versi dewa yang disembah, dari dewa hindu terkuat dan gagah berani. Posisi dewa hindu vs dewa budha itu berbeda kasta atau derajat.

Karena masing-masing memiliki pegangan atau kekuatan yang berbeda-beda seperti dewa cinta hindu yakni dewa kama yang memiliki istri dewi rati yang berperan besar sebagai dewi nafsu atau gairah. Kalau untuk dewa agama buddha ialah Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa ketiganya adalah Dewa tertinggi agama Buddha.

Dewa Wisnu dianggap sebagai dewa pemelihara semesta dan segala ciptaan Dewa Brahma yang dikenal sangat arif dan juga adil, sedangkan tuhan agama hindu ialah Dewa brahma karena dianggap dia yang telah menciptakan alam semesta dan isinya.
Kalau dewa agama hindu menurut islam itu tergantung dari diri pribadi seseorang yang percaya kepada Tuhan atau dewa. Dewa bayu adalah dewa angin dalam mitologi Hindu dia termasuk salah satu dewa unsur utama yang dihormati sebagai dewa paling penting.


Nama-nama Dewa Mitologi Buddha Dan Kekuatannya

Bila selama ini Anda yang diluar dari agama Buddha hanya tahu beberapa dewa dan kekuatannya dalam film-film, pada penjelasan dibawaha ada lebih banyak lagi dewa yang akan Anda ketahui. 

1. Agni Dewa Api 

Seperti judul poin ini bahwa Agni adalah dewa api. Jika Anda melihat pada candi-candi atau lukisan dewa tersebut memiliki rambut yang berbentuk api yang berkobar diatas kepalanya yang mengeluarkan sinar. Hutan Kandhawa terbakar karena dewa Agni menurut kitab Mahabharata.

2. Aswin Dewa Pengobatan

Dewa pengobatan atau dokter bagi semua Dewa ini kembar anak dari Dewa Surya dan Dewi Sarana, mereka tergolong Dewa pengobatan dalam Ayurweda. Kedua saudara kembar ini ramah dan sangat suka membantu atau menolong. 

3. Candra Dewa Bulan

Agama Hindu meyakini bahwa Canra adalah Dewa Bulan yang juga termasuk seorang Graha. Sama seperti Soma, Candra juga termasuk Dewa Bulan dalam kitab yang beda (Weda). Soma juga diartikan sebagai minuman yang manis berasal dari tanaman dan Candra menguasai seluruh tanaman serta tunbuhan.

4. Ganesha Dewa Pengetahuan Dan Kebijaksanaan

Baik orang yang beragama Hindu atau pun agama lain pastinya sudah mengenal Dewa pengetahuan, kebijaksaan dan memiliki banyak julukan yakni Ganesha, yang dimana disetiap penjuru Negara India banyak sekali terpampang patungnya untuk disembah warga India dan beberapa Negara lain. Memiliki kepala berbentuk gajah, bertangan 4 dan badan yang gemuk yang juga dikenal dengan Ganapati, Winayaka serta Pilleyar.

5. Indra Dewa Hujan, Perang Dan Raja Surga

Indra adalah Dewa cuaca serta berperan sebagai Raja khayangan dan dari orang yang memiliki peran  penting atau bijaksana Indra diberi gelar sebagai Dewa petir, Dewa hujan, Dewa perang, pemimpin para dewa serta Raja surga dan masih banyak lagi julukannya.

6. Kuwera Atau Kubera Dewa Kekayaan

Berbicara soal kekayaan, siapa yang tidak mau atau menolak. Dewa Kuwera atau Kubera adalah pemimpin bangsa Yaksa atau yang kita kenal dengan kata Raksasa, Dewa ini tergolong istimewa diantara semua kaumnya, dia juga memiliki gelar penting yakni bendahara dan dari situlah iya disebut dengan Dewa kekayaan.

7. Maruta Dewa Petir

Maruta adalah Dewa petir yang yang peduli serta arif dan peduli terhadap semua para Dewa dan juga manusia.

8. Shiwa Dewa Pelebur

Shiwa termasuk dari tiga Dewa yang utama termasuk dalam Trimurti pada agama Hindu, dan kedua Dewa lainnya yakni Brahma serta Wisnu. Dewa shiwa adalah Dewa pelebur, bertugas untuk meleburkan segala sesuatu yang sudah tidak bermanfaat lagi Dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel