Tarian Ngeri Pemanggil Roh Halus

Bagi sebagian masyarakat Indonesia hanya sedikit orang atau suku mengetahui tarian yang berbau mistis, yang juga dimana generasi milenial pastinya tidak semuanya tahu akan hal tersebut apalagi bila menyebut asal tari rentak bulian serta tarian pemanggil leak atau hantu.

Apa benar ada tarian yang bisa memanggil hantu??? bagi masyarakat Indonesia kita kalau yang berhubungan dengan makhluk halus cara apa sih yang tidak bisa! Jangankan dengan ilmu perdukunan atau pemanggil roh.

Tarian pun juga bisa memanggil makhluk tak kasat mata untuk datang. hal seperti ini bukan hanya terjadi Negara kita tapi dibelahan Dunia lainnya juga ada yang melakukan tarian untuk mengundang hantu untuk bergabung dengan mereka.

Beberapa tarian mengerikan ini sengaja dilakukan saat-saat tertentu seperti upacara ritual sampai sang penari kerasukan oleh roh yang diundang, ada juga yang sekedar memanggil roh tersebut karena mengingingkan sesuatu hal seperti kekuatan ilmu gaib, harta dan hal lainnya.


5 Tarian Mengerikan Berhubungan Dengan Roh Halus Dalam Versi Indonesia

Tidak perlu keluar dari jalur. Saat ini kita akan membahas tentang 5 tarian Indonesia yang dapat memanggil makhluk gaib.

1. Tarian Sigale-gale Dari Sumatra Utara

Tarian yang berasal dari suku batak di Pulau Sumatra Utara. Tarian Sigale-gale yang unik ini tujuannya untuk mengantarkan roh orang atau keluarga yang telah meniggal menuju ketempat peristirahatan terakhir dan itu menurut kepercayaan mereka. Ada sebuah cerita rakyat yang dulunya konon seorang raja yang ditinggal mati oleh putra mahkota yang sangat disayanginya.

Dan setelah saat itu, sang raja jadi sakit-sakitan, rakyat pun berkesimpulan untuk membuat sebuah patung yang menyerupai anak kesayangan dari sang raja, kemudian patung itu ditaruh diatas papan. Didalam cerita rakyat ini, boneka yang dibuat mirip anak raja tersebut telah diisi dengan roh dari anak raja yang telah meninggal itu.

2. Tarian Seblang

Kota Banyuwangi sejak dahuulu Daerah ini dikenal sebagai Kota yang penuh dengan  keramah tamahannya serta hal-hal yang berhubungan dengan mistis. Salah satu kota besar yang terletak paling ujung timur Provinsi Jawa Timur itu rupanya mempunyai beberapa budaya tradisional yang lebih unik. Budaya yang paling banyak orang kenal adalah tarian Seblang.

Karena terlalu tuanya usia tarian Seblang, dan bahkan para penduduk di Daerah banyuwangi pun tidak mengetahui secara persis mulai kapan tarian itu diciptakan. Ada pun kegunaan dari tarian tersebut ialah untuk membersihkan desa dan juga untuk menolak bala. Tidak jauh beda dengan tarian Sintren Cirebon, Kuda Lumping, dan Janger Sanghyang yang berasal dari Kota Bali.

3. Tarian Lumense

Sekarang kita menuju ke Daerah Sulawesi Tenggara, disana ada tarian yang bernama Lumense khas Pulau Buton. Tarian Lumense ini berarti 'melayang tinggi'. Untuk kegunaan dari tarian ini adalah pelengkap upacara ritual pe-"olia" atau sesajian terhadap makhluk gaib yang bernama Kowanuano yang diyakini penduduk setempat sebagai penguasa Negeri yang konon dapat menghalau semua bencana yang akan terjadi pada penduduk Buton.

4. Tarian Salai Jin

Jauh dibagian tanah Ternate persisnya dibagian Maluku Utara, ada satu Daerah yang masyarakatnya memiliki tarian khas yang mistis dan berfungsi sebagai mengundang makhluk gaib penguasa daerah itu untuk mau menolong menyelesaikan beberapa permasalahan yang sedang melanda masyarakat setempat. Bagi penari janganlah berjumlah ganjil tapi harus genap karena bila penarinya ganjil sama saja dianggap kesialan.

5. Tarian Bedhaya Ketawang

Tarian Bedahaya Ketawang berasal dari Keraton Jogja atau Solo. Konon tarian ini pertama kali ditarikan oleh sang Ratu Kidul penguasa laut pantai Selatan sebagai tanda cinta kasihnya kepada raja pertama Mataram. Saat melakukan tarian jumlah penarinya diharuskan gajil, karena kononnya lagi ditengah taian berlangsung pecipta Bedahaya Ketawang ini akan ikut menari bersama penari lainnya.

Itulah beberapa tarian yang berhubungan dengan roh halus yang bisa saya bagikan dalam artikel ini dan semoga menjadi tambahan pengetahuan baru lagi untuk Anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel