Table of Content
    Dizaman modern ini bila sakit kita akan ke dokter atau ke rumah sakit untuk berobat, akan tetapi masih ada orang menyakini bahwa penyakit mereka bisa disembuhkan oleh orang-orang pintar.

    Masih banyak di kalangan masyarakat mempercayai adanya pengobatan menggunakan jasa orang pintar. Di kalangan masyarakat pedesaan masih mempercayai akan penyebuhan melalui pengobatan tradisional.


    Penyembuhan Melalui Pengobatan Tradisional

    Penyembuhan penyakit kadangkala melalui praktek dukun, paranormal yang mana dengan menggunakan air putih yang telah dimantrai, ramuan-ramuan tradisional yang diramu sendiri  serta beberapa syarat yang sering disuruhkan oleh orang pintar tersebut.

    Ada beberapa pengobatan tradisional yang masih dipercaya sampai sekarang, yakni:

    1. Pengobatan Suwuk

    Pengobatan Suwuk merupakan pengobatan tradisional yang masih  banyak dilakukan di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Dalam pengobatan suwuk dilakukan oleh orang-orang pintar yang mana pengobatan ini disisipi oleh mantra-mantra, air putih dan ramuan dari tumbuh-tumbuhan dalam setiap pengobatan. Kadang juga pengobatan dilakukan dengan teknik pijat dengan menggunakan minyak whisik.

    Sebelum pengobatan dilakukan sang dukun akan memeriksa dengan cara memijit  diruas-ruas jari kaki dan tangan, kadang juga menggunakan benda pusaka (keris) bahkan dia akan berkomunikasi dengan penunggu desa tempat pasien ini berasal.

    2. Pengobatan Sangkal Putung

    Pengobatan sangkal putung merupakan pengobatan tradisional untuk memperbaiki tulang yang patah. Metode yang digunakan ini tampa melalui operasi dan obat bius. sehingga dalam tahap pengobatan seseorang yang patah tulang akan mengalami kesakitan yang luar biasa.

    Akan tetapi pengobatan ini banyak orang memilih karena biaya yang relatif murah dan prosesnya hasilnya cepat. Dan tahapan penyembuhannya, pasien akan mendapatkan pengobatan dan perawatan secara rutin yakni pemijatan yang dilakukan tiap hari untuk membetulkan kembali sambungan tulang dan memperlancar aliran darah.

    Sebelum dilakukan pemijatan terlebih dahulu membaca mantra. adapun mantranya yakni
    “Bismillaahirrohmaanirroohim; Kun fayakun tuntum balung podo balung; Tuntum otot podo otot; Tuntum daging podo daging; Tuntum bayu podo bayu; Tuntum sum-sum podo sum-sum; Tum tinuntum ketiban iduku putih; Sambung kersane Allah; Panas mawah mawah; Ketiban iduku putih adem asrep saking kersane Allah; Laailahaillallaah muhammad rosulullah; Cipto mati, roso mati, roso ilang (3x tarik nafas); Lebur kang ajur laailaha illallah; Sing sopo ganggu jahil karo aku; hiyo iku satrune Allah( hu allah 3x tarik nafas).

    Adapun ritual yang harus dilakukan oleh dukun sangkal putung ini sebelum mengobati pasiennya agar pasiennya dapat sembuh yakni melakoni puasa selama 15 hari mulai Kamis Kliwon lalu membaca doa mantra-mantra  “fain tawallau faqul khasbiyallahu laa ilaha illa huwa alaihi tawakaltu wa huwa rabbul arsyil adhziim” setelah sholat fardhu. Dan setelah selesai melakukan puasa selama 15 hari maka dukun itu harus memberi makan anak yatim disekitar rumah.

    Pengobatan tradisional masih memiliki tempat dihati masyarakat seagai salah satu pilihan pengobatan meski telah ada fasilitas medis yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat disana.

    Sejatinya pengobatan tradisional merupakan wujud keluhuran dan kekayaan budaya Indonesia yang masih dipercaya dan diakui keberadaannya.
    Related Posts: