Table of Content
    Haid merupakan suatu tanda adanya keluar darah dari vagina kita. Bila mana hal ini pertama terjadi pada seorang wanita itu pertanda bahwa dia telah masuk dalam masa pendewasaan.

    Kadang tradisi yang telah dianggap sebagai nilai leluhur dan memliki makna tersendiri dalam lingkuang tersebut dan tetap dipertahnkan. Kadangkala tradisi itu terlalu mengerikan dan terlalu kejam untuk dijalani pada saat ini. Hal ini sangatlah tak manusiawi dimana tradisi ini berlaku disemua kalangan baik perempuan maupun lelaki.


    Sadisnya Tradisi Pertama Haid Di Belahan Dunia

    Seperti halnya tradisi yang ada di dunia ini seringkali membuat kita yang menyaksikannnya tak masuk diakal dan nalar kita. Dalam hal ini yang akan dibahas tentang tradisi fase pertama pendewasaan yakni menstruasi atau haid yang pertama yang ada di belahan dunia ini.

    1.  Suku Luiseno, California

    Suku Luiseno, Calerfornia dalam menjalankan ritual pendewasaan yakni haid pertama dilakukan dimana perempuan yang pertama haid akan dikubur dengan pasir saat matahari sedang terik-teriknya. Sehingga pasirnya akan terasa panas, pada saat itulah wanita tak boleh mengeluh dan mendengarkan petuah-petuah wanita yang lebih tua.

    Adapun makna yang diambil dari ritual ini dilakukan agar kelak wanita bisa berprilaku terhormat dan menjadi istri yang baik.

    2. Suku Ngoni, Malawi

    Adapun tradisi yang dilakukan Suku Ngoni dalam menjalankan ritual wanita yang pertama haid yakni wanita akan diasingkan  didaerah terpencil selama tiga bulan dan dibaluri dengan tepung putih yang mana sebagai penanda pemisahan fisik dan rohani wanita tersebut dari masyarakat.

    Tak sampai disitu saja wanita itu masih menjalani ritual telanjang di perairan seperti sungai atau danau untuk beberapa saat dan dia baru bisa keluar dari sungai atau danau tersebut bila ada tetua setempat mengizinkannya keluar.

    3. Etnis Tiv, Nigeria

    Ini tradisi yang paling sadis juga yang mana wanita yang pertama haid akan melakukan ritual menyayat perut tampa bantuan obat bius ataupun tim medis lainnya. Gimana membayangkannya betapa sakitnya hal ini. Ritual ini dipercaya oleh warga setempat ini mampu meninggkatkan kesuburan seorang wanita.

    4. Suku Navajo, Indian

    Adapun ritual bagi wanita yang baru pertama mendapatkan haid yakni dalam Suku Navajo yakni lari dengan pakaian tradisional dari kulit rusa yang sangat berat selama empat hari berturut-turut dalam keadaan haid.
    Sang gadis harus bangun saat matahri terbit dan berlari menuju arah datangnya matahari terbit. setelah berakhir lomba lari sang gadis harus duduk selonjor sepanjang malam dan keesokan harinya sang gadis akan membuat kue dari tepung jagung yang sangat besar untuk dibagikan ke seluruh anggota suku.

    Bersyukurlah kita bagi wanita yang tidak terlahir di suku-suku tersebut di atas. Bagaimana sadis dan mengerikan tradisi yang mereka anut. Membuat perasaan ngeri, membayangkannya.
    Related Posts: