Table of Content
    Banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat terutama masyarakat pedesaan walaupun ada sebagian orang perkotaan masih mempercayai akan mitos.

    Kematian menimbulkan rasa yang sangat menakutkan yang dapat melumpuhkan kesanggupan seseorang untuk menikmati kehidupan dan mengikis keyakinan seseorang untuk menikmati kehidupan.


    Mitos Seputar Kematian

    Ada beberapa mitos yang berkembang dimasyarakat tentang kematian. terutama di daerah Jawa dan ada juga di negara lain banyak sekali mitos yang masih diyakini antara lain :

    1. Selasa Wage

    Bila ada seseorang yang meninggal pada hari Selasa Wage maka makamnya harus dijaga selama 5 hari atau sepasar adapun maksud makam ini dijaga tujuannya agar tak ada yang membongkar makam itu untuk mengambil kain kafan yang mana kain kafan itu dijadikan jimat.

    2. Kamis Wage

    Ada apa dengan Kamis Wage, menurut kepercayaan mereka bila ada orang yang meninggal pada hari kamis wage maka diantara yang hadir akan diajak untuk ikut ke alam baka. Untuk mencegah ajakan tersebut maka harus memecahkan piring. terkadang saat orang meninggal tak wajar seperti kecelakaan itupun dilakukan memecahkan piring.

    3. Mengolesi Anak dengan Adonan Kapur

    Jika ada tetangga dekat yang meninggal maka anak kecil akan diolesi telinganya dengan adonan kapur.

    4. Kembang Boreh Bahan Untuk Pelet

    Ada keyakinn yang berkembang dimana kembang toreh atau bunga yang dicampurkan di air mandi jenazah dapat dijadikan pelet untuk menaklukkan lawan jenis.

    5. Suara Kucing Meraung Seperti Ingin Kawin.

    Jika terdengar suara kucing meraung seperti ingin kawin namun tak ada pasangannya disampingnya itu merupakan pertanda adanya kematian di sekitar rumah yang dikelilinginya, terkadang masyarakat yang mendengar suara kucing seperti itu, memilih ambil air dan mengguyurkannya ke kucing untuk mengusirnya.

    6. Menahan Nafas Saat Melewati Kuburan

    Jika saat melewati kuburan harus menahan nafas ini dipercayai agar roh yang tidak dikehendaki dari kuburan tersebut tidak masuk ke dalam jiwa Anda.

    7. Menutupi Cermin

    Apabila ada orang yang meninggal harus menutup semua cermin untuk mencegah jiwa yang sudah pergi  menuju akhirat dipantulkan kembali ke dalam tubuh. Ini merupakan kepercayaan dari Yunani.

    8. Menghentikan Jam

    Jika ada orang meninggal maka jam harus dihentikan selama almarhum belum dikebumikan karena menurut kepercayaan yang dipercayai bahwa tanda waktu telah berakhir untuk orang mati. Jika kepala rumah tangga yang meninggal maka jam itu tidak akan pernah di mulai lagi.

    Masih banyak mitos yang diyakini sekitar kematian. Hidup mati semuanya milik Tuhan tak ada yang bisa memperidiksi kapan itu akan mendatangi kita.
    Related Posts: