Table of Content

    Mitos merupakan kepercayaan yang sudah ada sejak dari dulu. Di setiap negara bahkan daerah-daerah tertentu pastinya memiliki suatu mitos yang masih berkembang sampai sekarang.

    Seperti halnya yang berkembang di beberapa negara bahkan di Indonesia yang mana serangga diyakini bisa membawa keberuntungan. Di mana mitos ini berkembang sudah ada sejak zaman prasejarah.


    Serangga Pembawa Keberuntungan Menurut Mitos yang Berkembang

    Ada beberapa serangga yang diyakini dan mampu membawa keberuntungan bila masuk kedalam rumah namun dilihat dari waktu dia masuknya, apakah malam hari atau siang hari.

    Dibeberapa negara mereka menganggap serangga sebagai membawa keberuntungan, jangan heran masih banyak masyarakat menyakini dengan memasang gambar bahkan memilihara serangga akan membawa keberuntungan.

    Adapun beberapa serangga yang diyakini membawa keberuntungan yakni :
    1. Jangkrik
    2. Kepik
    3. Capung
    4. Scarabs
    5. Kupu-kupu

    Mitos Tentang Capung Yang Masuk Ke Dalam Rumah

    Sekarang ini mungkin kita sudah jarang menemui capung di daerah perkotaan akan tetapi di pedesaan pastinya sering kita temukan capung berterbangan di area persawahan kadang juga ada disekitar rumah bahkan ada yang masuk dalam rumah kita.

    Bila kita berbicara tentang capung pastinya itu mengingatkan bagaimana masyarakat masih mempercayai tentang mitos yang berkembang sampai sekarang. Ada dua penyebaran arti mitos yang beredar dimasyarakat dilihat dari waktu dan kapan masuknya capung itu ke dalam rumah.

    - Capung Masuk Pada Malam hari

    Menurut mitos yang berkembang, bila ada capung masuk di rumah pada malam hari ini merupakan pertanda kesialan. Yang mana masyarakat Toba menyakini bahwa capung yang masuk kedalam rumah pada malam hari menandakan ada orang yang ingin membuat celaka anggota keluarga yanng berada didalam rumah tersebut.

    Sehingga bila ada capung yang masuk dirumah pada malam hari orang Toba akan membunuh dan takkan membiarkan capung itu hidup.

    - Capung Masuk Rumah Pada Siang Hari

    Bila ada capung yang masuk ke rumah pada siang hari itu pertanda baik menurut mitos yang berkembang, adapun pertanda baik itu salh satunya :
    • Musim kemarau yang berkepanjangan akan segera datang musim hujan.
    • Musuknya capung dirumah pada siang hari pertanda akan ada keberuntungan yang datang dari anggota keluarga yang berada dalam rumah tersebut.
    Itulah mitos yang berkembang didalam masyarakat dan masih diyakini sampai sekarang. Anda bisa mempercayai ataupun tidak terserah dari pribadi masing-masing. 



    Related Posts: