Table of Content
    Kehadiran Anak merupakan sesuatu hal yang dapat membuat hati kita merasa lengkap dalam suatu rumah tangga. Betapa bahagianya bila kita memiliki anak yang taat dan taat kepada orang tua. 

    Begitupun sebaliknya bila anak tak mau mendengar dan menurut pada orang tuanya bahkan selalu membangkang pastinya sakit sekali rasanya. Hanya Allah yang dapat membolak-balikkan hatinya agar dapat menurut dan taat kepada orang tuanya.

    Cara Mendidik Anak Agar Menurut Sama Orang Tuanya

    Seorang anak akan menjadi pembangkang jika melihat keadaan dan perlakuan orang tuanya. Jadi orang tua harusnya menjadi panutan bagi anak-anaknya, didiklah anak Anda dengan baik serta awasi anak dari pergaulan bebas serta janganlah terlalu mengekang. Disinilah peranan orang tua sangatlah penting untuk memilih lingkungan yang baik untuk anak-anak mereka.

    Seringkali orang tua dibuat frustasi sewaktu anak-anak mereka sulit sekali terkadang dinasehati tidak mendengar, diberikan pengertian tidak diheraninya.

    Mendidik anak bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tak mudah memang membuat anak mendengar permintaan atau larangan orang tuanya terkadang emosi terasa bila ini terjadi pada anak-anak yang tak mau mendengar perkataan kita.

    Beberapa Langkah Bijak yang Harus Anda Lakukan seperti di bawah ini :

    1. Jangan Berteriak

    Terkadang bila anak tak mendengar kita nada suara kita pastinya akan tinggi kedengaran sehingga kedengaran sampai seluruh rumah. Akan tetapi alangkah baiknya Anda tak berteriak karena berteriak pada anak-anak hanya menambah khawatir, lebih agresif, dan menjadi lebih keras kepala dengan cara mereka. Cobalah ajak dia berbicara dengan tenang agar merekapun tenang menanggapinya.

    2. Bersifat Terbukalah

    Dengan terbuka anak-anak akan lebih mengerti maksud dan cara mendidik yang anda terapkan. Gunakanlah sentuhan dengan bijak agar anak -anak dapat mendengarnya, seperti saat anak disuruh makan sentuhlah pundaknya dan usaplah kepalanya lalu sampaikanlah permintaan Anda dengan jelas.

    3. Bersikaplah Seperti Teman Seusianya

    Pikiran kita tentunya tidak sama dengan pikiran anak-anak untuk mendalami dan mengerti jalan pikiran mereka sebaiknya kita bersikap seperti anak sebayanya agar kita mampu berkomunikasi dengan baik .

    4. Berikan Fakta

    Terkadang bila kita melarang anak-anak tanpa tahu kenapa  hal itu dilarang, untuk itulah berikan fakta-fakta mengapa anda melarang mereka.

    5. Sekali-kali Berilah Pujian

    Ketika anak anda melakukan hal yang baik janganlah ragu untuk memberikan pujian bagi dirinya, ini akan membantu untuk menjalin komunikasi dengan sang anak . 
    Selain itu cobalah amalkan doa ini agar anak dapat menurut dan tidak egois dengan orang tua yakni:
    • Bacalah  QS Asy Syura ayat 19 yang artinya "Allah Maha Lembut takdir-Nya (serta melimpah-limpah kebaikan dan belas kasihan-Nya) terhadap hamba-hamba-Nya; Ia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya (menurut peraturan yang sudah ditetapkan), dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Kuasa".
    • Bacalah sebanyak 19 kali pada air minum kemudian berikan kepada anak agar meminumnya.
    • Bisa juga disaat anak tidur bacalah doa tersebut dan tiupkan di ubn-ubun anak Anda.
    Mungkin Anda memiliki masalah seperti orang tua yang lainnya. Semoga doa dan amalan ini serta langkah-langkah yang harus di tempuh, bisa membantu masalah mengatasi ketidak patuhan anak anda. Selain itu serahkanlah semuanya ke tangan Allah.
    Related Posts: