Table of Content
    Mungkin Anda sering mendengar tangisan bayi saat menjelang Magrib atau Anda sendiri yang mengalaminya. Terkadang nangisnya sampai kejer-kejer dan berkeringat yang mana sang bayi ini sering menangis tanpa ada sebab.

    Bila ini terjadi pada kita pastinya dibuat kalang kabut, tidak tau mau berbuat apa agar bayi kita bisa diam dan tenang.


    Penyebab Sang Bayi Sering Menangis 

    Bila bayi menangis secara tiba-tiba dan sering terjadi bila senja akan tiba, membuat kita panik dan malah jadi paranoit sendiri bila senja akan tiba, terkadang bila senja telah tiba perubahan akan terjadi pada sang bayi dia akan menangis dan rewelnya minta ampun. Ada beberapa pandangan tentang hal ini baik berdasarkan ilmu kedokteran maupun berdasarkan Islam

    Berdasarkan Ilmu Kedokteran

    Dalam ilmu kedokteran bayi yang selalu menangis pada saat senja hari biasanya disebut kolik yang mana gejala kolik bisa dilihat bila bayi menangis dalam kesakitan, mukanya menjadi kemerahan, perutnya tegang, menarik kakinya dan mengepalkan tangannya. yang mana kolik merupakan  keadaan bayi ketika menangis terkadang sampai 3 jam sehari atau 3 hari per pekan.

    Terkadang penyebab bayi terkena kolik karena bayi terlalu banyak menghirup udara tanpa bersendawa sehingga perutnya kembung dan terasa sakit.

    Berdasarkan Islam

    Beda lagi dengan pendapat orang terdahulu , orang tua sering mengatakan bila saat menjelang Magrib hendaknya bayi digendong atau dijaga disampingnya jangan ditinggalkan sendiri karena ada makhluk halus disekitarnya yang ingin menggangui.

    Ternyata bukan sekedar mitos jika bayi menangis menjelang Magrib yang mana dalam islampun menyatakan bahwa waktu itu merupakan saat yang sangat rawan baik itu bayi maupun ibu hamil. Dimana saat Magrib tiba dianjurkan untuk menutup pintu dan jendela karena ditakutkan ada makhluk gaib yang datang untuk membahayakan dan mengganggu sang bayi, begitupun dengan ibu hamil.

    Dalam Islam makhluk gaib tersebut dikenal sebagai Ummu Sibyan yakni jin wanita yang bisa mencelakai ibu hamil dan bayi.

    Adapun rupa dari jin jahat itu memiliki perawakan yang sangat mengerikan yang mana dia berjalan seperti cicak yang menempel di dinding. Apabila jin jahat ini masuk dalam rahim perempuan dan mengikatnya rahim tersebut hingga tidak bisa hamil.

    Sedangkan pada bayi yang kurang lebih dari 2 tahun, bila ada bayi yang menangis keras dan matanya terbelalak bisa jadi bayi tersebut diganggu oleh jin jahat.

    Selain menutup pintu dan jendela bila anak kita menangis terus hendaknya bacakanlah doa ini agar anak tak rewal dan tak menangis yaitu :

    بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
    Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim (dibaca tiga kali)
    “Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
    Demikian, semoga bermanfaat.
    Wallahu a’lam.

    Lalu tiupkanlah di ubun-ubun si anak.

    Itulah pemaparan yang kami sampaikan diatas, semoga amalan doa dan apa yang mesti diperbuat untuk anak mampu meredakan kerewelan bayi Anda. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi Anda.
    Related Posts: