Table of Content
    Pelangi merupakan suatu fenomena alami yang sangat indah disaat telah hujan turun. Pelangi tercipta karena adanya cahaya matahari yang melewati rintik-rintik air di udara dan melewati proses pembelokan cahaya atau adanya pembiasan cahaya.


    Fenomena Dibalik Keindahan Pelangi

    Inilah salah satu ciptaan Tuhan yang paling menakjubkan yakni pelangi. Pelangi merupakan fenomena indah yang memiliki warna yang beragam.

    Ternyata dibalik fenomena cantik yang diberikan oleh pelangi ini ternyata ada beberapa fakta unik dibalik kemunculannya diantaranya :

    1. Pelangi Bergantung Kepada Matahari

    Pelangi bisa nampak jika matahari berada pada titik sudut 42 derajat, itulah mengapa kita dapat melihat pelangi ketika matahari terbit dan pada saat matahari tenggelam.

    2. Pelangi Dapat Muncul di Malam Hari

    Mungkin Anda pernah menyaksikan pelangi dimalam hari, walaupun pelangi mengandalkan keberadaan matahari namun pelangi dapat muncul di malam hari karena adanya refleksi bulan ini biasa disebut sebagai moonbows

    3. Setiap Orang Pelangi Tak Terlihat Sama

    Jika Anda berdiri bersama dengan orang lain beberapa cm perbedaan jarak tersebut maka pantulan tetes air akan berbeda dari sudut dengan apa yang orang lihat.

    4. Mata Kiri dan Kanan Anda Melihat Pelangi Yang Berbeda

    Cobalah menutup mata kiri Anda dan bukalah mata kananmu, dan lakukan hal yang sama dengan mata sebaliknya. Anda akan melihat hal yang berbeda baik itu rintik hujan hingga pelangi juga akan nampak berbeda.

    5. Pelangi Kembar Tiga

    Pelangi kembar tiga dapat muncul bukanlah sebuah mitos. Menurut penelitian jika awan yang sangat gelap sebagai latar belakngnya dimana tetesan air hujan yang tidak deras atau dengan hujan yang angat deras, nantinya pelangi kembar tiga akan muncul.

    6. Pelangi Tidak Bisa Dilihat Semua Warnanya

    Tahukah Anda bahwa ternyata pelangi memiliki sejuta warna bukan hanya merah,jingga, hijau, biru,kuning,ungu akan tetapi warna-warna yang lainnya tak dapat dilihat oleh mata manusia.

    7. Ujung Pelangi Takkan Bisa Kita Capai

    Anda takkan pernah dapat mencapai ujung pelangi walaupun Anda bergerak untuk mendapati ujungnya ini karena cahaya yang membentuk pelangi melakukannya pada jarak dan sudut tertentu dari orang yang melihatnya sehingga jarak akan selalu sama antara Anda dan pelangi yang dilihat. 

    8. Pelangi Berbentuk Lingkaran Penuh

    Tahukah Anda bila pelangi sebenarnya berbentuk lingkaran penuh dimana hanya bisa dilihat pada posisi yang sangat tinggi seperti di pesawat, ini dikarenakan karena garis horizontal membatasi pandangan kita sehingga kita hanya bisa melihat setengah bagian dari pelangi.

    Inilah beberapa fakta unik tentang fenomena pelangi ini, diantara kedelapan fakta tersebut diatas yang mana membuat kamu takjub akan ciptaan Tuhan ini.
    Related Posts: