Table of Content
    Hantu kuyang berasal dari Kalimantan yang mana ini dikenal sebagai hantu penyedot darah. Kuyang sendiri sebenarnya bukanlah hantu melainkan siluman yang telah mempelajari ilmu hitam dimana dia bertujuan agar dapat awet muda dan berumur panjang.

    Pada siang hari dia akan berwujud manusia akan tetapi bila malam hari dia akan menunjukkan sosok kuyang.

    Siluman ini akan terbang hanya dengan kepala dan organ tubuh yang terurai mencari mangsa ke rumah-rumah penduduk yang diketahui terdapat wanita hamil  atau baru melahirkan. Dimana siluman ini menggunakan minyak kuyang.

    Pengguna minyak kuyang bila mengoleskan minyak ini pada lehernya maka ia akan menjadi kuyang, yang mana kepala akan terbang dengan isi perutnya.


    Asal Muasal Minyak Kuyang 

    Adapun yang melatar belakangi asal muasal minyak kuyang ini di mana jaman dulu hiduplah seorang janda cantik dengan empat orang saudarinya dengan nama Camariah, Dandaniah, Tambuniah dan Uraniah.

    Dimana kecantikan paras yang dimiliki oleh janda ini semakin lama bertambah cantik namun tidak ada satupun lelaki yang langgeng membina rumah tangga dengannya. Dimana tiap kali dinikahi takkan beberapa lama pasti akan bercerai.

    Dan ketika wanita ini hendak meninggal dunia, maka datanglah 99 mantan suaminya. Dan para laki-laki ini menangis dan merasa bersalah karena telah bercerai dan  meninggalkannya.

    Disaat suasana sedih tiba-tiba terdengar suara gaib yang membisikkan bahwa wanita yang akan meninggal tersebut memiliki cupu alias guci kecil yang berisi minyak yang mana akan dibagi-bagikan kepada 99 mantan suaminya tersebut, untuk dipelihara dan dijadikan sebagai kenang-kenangan yang mana minyak dalam guci tersebut memiliki khasiat.

    Setelah mendengar bisikan ghaib itu maka 99 lelaki tersebut mengambil minyak dalam guci tersebut dan membawa masing-masing ke kampungnya dan akhirnya tersebar kemana-mana minyak tersebut.

    Yang mana masyarakat menamakan minyak kawiyang, minyak sumbulik atau minyak kuyang yang mana khasiatnya antara lain :
    • Minyak Kuyan Pertama Memiliki Warna Hitam 

      Adapun khasiatnya yaitu untuk ilmu kebal yang mana tahan terhadap tebasan benda tajam ataupun peluru serta keampuhan lainnya mampu membuat pemilik minyak ini dapat menghilang dengan cepat dan tanpa jejak.
    • Minyak Kuyang Kedua Memiliki Warna Kuning 

      Yang mana khasiatnya ini dipercaya mampu membuat hati para wanita bertekuk lutut dan mengikuti arahan si pemilik minyak tersebut dengan cara minyak ini dioleskan kedua telapak tangan kemudian menyentuh wanita yang diinginkan.
    • Minyak Kuyang Ketiga Memiliki Warna Putih

      Yang mana khasiatnya dipercaya mampu mendatangkan uang dengan cepat dengan proses ghaib dimana beberapa kalangan masyarakat Kalimantan yang memiliki minyak ini menggunakannya dalam bertransaksi dimana pada saat akan bertransaksi jual beli mereka akan mengoleskan minyak ini kelembaran uangnya. Dan pada saat selesai transaksi jual beli uang tersebut akan kembali lagi pada mereka secara ghaib
    • Minyak Kuyang Keempat Memiliki Warna Merah 

      Yang mana khasiatnya dipercaya memiliki kandungan ilmu yang mampu meringankan tubuh serta mampu berlari cepat dan bisa memanggil serta memerintah para jin untuk mengikuti perintah yang diberikan si pemilik minyak tersebut.
    • Minyak Kuyang Kelima Memiliki Warna Hijau 

      Yang ini memiliki khasiat dan kemampuan minyak ini bisa mengirim ilmu santet dan teluh kepada orang lain yang dikehendakinya. Dan minyak kuyang warna hijau inilah yang mampu membuat awet muda pemakainya. Dimana pemilik ini menggunakannya dengan mengoles ke lehernya sendiri yang mana kepala dan isi perutnya akan terbang untuk mencari korban untuk menghisap darahnya yang mana darah yang dihisapnya inilah yang dipercaya mampu membuat mereka awet muda dan panjang umur. 

    Cara Menangkal Siluman Kuyang

    Siluman kuyang pastilah sangat menakutkan namun dibalik semua itu ada rahasia yang mampu menangkal hantu kuyang ini yakni dimana masyarakat Kalimantan telah mengetahui bahwa aroma bawang merah dan bawang putih mampu mengusir mereka yang dirasa dicurigai memiliki ilmu kuyang ini dengan cara mengupas bawang sebanyak-banyaknya dan membakar semua kulit bawang tersebut.

    Selain aroma bawang putih dan bawang merah kuyang juga takut terhadap peralatan dapur seperti sapu ijuk, panci dan wajan dimana alat-alat dapur ini dipukulkan di kuyang dan kuyang tersebut akan pergi.

    Inilah sekelumit cerita tentang hantu kuyang, mungkin saat ini sulit untuk dipercaya akan tetapi kita harus tetap waspada dan selalu minta perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dari segala gangguan makhluk-makhluk yang tak nampak.
    Related Posts: