Table of Content
    Mitos merupakan suatu kepercayaan yang diturunkan dari generasi ke generasi dimana adanya suatu pantangan yang tidak boleh dilakukan  bila hal ini dilanggar akan menyebabkan musibah.

    Seperti halnya yang masih banyak diyakini masyarakat sampai sekarang, tentang warna yang mana bila dipakai pada tempat tertentu  akan menyebabkan hal-hal yang tidak inginkan.

    Mitos Memakai Pakaian Yang Berwarna Merah  

    Seperti halnya yang ada di daerah Gorontalo yang memiliki  pakaian tradisional yang identik dengan warna yakni merah, hijau, kuning, ungu, coklat, hitam dan putih yang mana ketujuh warna ini memiliki suatu makna filosofi.

    Namun yang paling menonjol dari ketujuh warna ini, warna merahlah yang paling menonjol di dalam kebudayaan Gorontalo, yang mana merah memiliki arti keberanian dan rasa tanggung jawab.

    Akan tetapi pakaian warna merah tidak boleh dipakai disembarang tempat seperti pergi berziarah, naik gunung, bahkan melintasi pohon-pohon yang besar yang diyakini sebagai tempat tinggal makhluk yang tak kasat mata.

    Warna Merah Bisa Menjadikan Pembawa Petaka

    Adanya mitos ini berkembang yang tak bisa dijelaskan secara nalar namun diyakini oleh masyarkat setempat dimana bila hal ini dilanggar maka kita akan menerima akibatnya yang mana akan mengundang malapetaka bagi yang mengenakan pakaian merah tersebut.

    Di dalam kalangan masyarakat Gorontalo bila ini Kita langgar biasannya kita akan rasakan pusing atau mendadak sakit kepala (istilah dalam bahasa Gorontalo yakni Gurumi). Bukan hanya itu saja bila hal ini dilanggar biasanya akan mengalami mimpi buruk dan dihantui oleh roh jahat hingga pengguna pakaian warna merah itu akan mengalami sakit waktu yang cukup lama.

    Orang-orang tua terdahulu mengatakan bahwa merah merupakan warna yang tidak disukai oleh iblis dan jin. Dan kami tidak tahu kenapa iblis sangat tidak senang denagn pakaian merah.

    Bukan hanya di daerah Gorontalo ternyata ada juga beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki kepercayaan mengenai warna merah ini yakni adanya larangan memakai warna merah disaat hujan  turun yang disertai petir nanti kesambar petir mungkin semua masyarakat mengetahui dan mendengar hal tentang ini.

    Begitupun jika Kita berada di Pantai Selatan Jawa bukan hanya warna hijau yang dilarang namun warna merahpun dilarang dimana bila dilanggar akan mengalami kesialan.

    Sama halnya bila kita akan mendaki ke Gunung Merbabu adanya larangan memakai warna hijau dan merah saat akan mendaki dimana bila melakukan hal ini akan mengalami hal yang tidak diinginkan seperti  kecelakaan, kesurupan, kesasar dan lainnya.

    Itulah beberapa mitos yang berkembang di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Bagaimana di daerah kamu ada jugakah mitos tentang pakaian yang berwarna merah ini ?
    Related Posts: