Table of Content
    Mandi merupakan kebutuhan yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. Biasanya orang akan melakukan mandi ini sebanyak dua kali sehari yakni pagi dan sore hari.

    Terkadang bila retunitas yang kita jalani terlalu banyak membuat kita makan, mandi tidur tak beraturan. sehingga kita pulang ke rumah sudah malam. Dan untuk menyegarkan kembali badan kita yang penuh dengan keringat dan debu kita sering mandi malam.


    Dampak Baik dan Buruk Mandi Malam

    Orang banyak yang mengatakan bahwa tak boleh mandi malam karena akan memicu penyakit, namun aktivitas yang kita lakukan diluar perlu ada penyegaran dengan membasuh badan kita agar kembali segar.

    Mandi malam merupakan dilema yang memiliki aktivitas di luar hingga larut malam. Terkadang ancaman kesehatan yang dikatakan oleh orang-orang bahkan orang tua kita sendiri membuat kita takut, yang mana bila kita hendak mau membersihkan badan kita. 

    Namun bila hendak mandi malam maka kita harus memperhatikan faktor-faktor yang penting agar apa yang dikatakan orang-orang tak membuat kita sakit yakni :
    • Perhatikan kondisi tubuh (apakah kamu sedang sehat atau sakit)
    • Udara pada saat itu apakah sangat dingin atau tidak
    • Keadaan suhu air apakah sangat dingi atau tidak
    Bila semuanya ini telah diperhatikan maka Anda bisa melakukan mandi malam yang bisa membuat anda segar kembali.

    Dampak Baiknya 

    Orang sering mengatakan bila kita sering mandi malam akan memicu resiko penyakit rematik ternyata itu hanya mitos yang tak ada kaitannya dengan mandi malam. 

    Bahkan sebenarnya mandi malam memiliki manfaat bagi penderita insomania dengan cara saat malam hari siapkanlah air hangat untuk mandi dimana dengan mandi malam ini membantu releksasi tubuh agar kantuk akan lebih cepat datang.

    Banyak yang tak menyangka bahwa mandi malam ternyata lebih baik manfaatnya dilakukan dibandigkan mandi di pagi hari. Sekitar 1,5 jam atau 2 jam sebelum Anda mau tidur,mandilah yang mana membantu tubuh akan hangat sekaligus segar.

    Dampak Buruknya

    Mandi malam bisa berdampak baik bagi kesehatan. Namun demikian bila kita tidak melihat kondisi yang ada, maka mandi malam akan berdampak buruk bagi kesehatan kita antara lain :

    1. Dapat Memicu Demam

    Bila malam hari tiba maka suhu tubuh akan mengalami peningkatan yang mana pori-pori akan terbuka sehingga bila kita mandi malam dengan air yang dingin akan masuk meresap masuk dan bercampur dengan suhu panas tubuh, yang mana ini membuat sistem kekebalan tubuh akan menurun serta rentan terkena demam.

    2. Menyebabkan Asam Urat

    Sering bertambahnya usia cairan akan mengalami perubahan komposisi, sehingga bila kita sering mandi pada malam hari, dinginnya air membuat sendi-sendi terasa nyeri merasuk ke dalam.

    3. Menambah Resiko Masuk Angin

    Jika suhu tubuhmu masih tinggi mandilah dengan air hangat atau sekalian janganlah karena itu bisa memicu Anda mengalami masuk angin.

    4. Memicu Penuaan Dini

    Seringnya mandi pada malam hari dengan menggunakan air dingin akan membuat metabolisme tubuh akan terganggu yang akan berimbas pada metabolisme lemak. Dimana metabolisme lemak ini jika tidak lancar akan menyebabkan kulit akan keriput.

    5. Memicu Paru-paru Basah

    Bila Anda sering mandi malam dengan menggunakan air dingin ini akan memicu paru-paru basah dimana adanya masalah pernapasan seperti batuk dan pernapasan lainnya.

    6. Memicu Nyeri Pada Otot

    Disaat malam hari pori-pori akan terbuka sehingga suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi akan menyebabkan nyeri-nyeri pada otot.  

    Baik buruknya kesehatan Anda hanya Anda yang bisa mengetahuinya, jadi kiranya perhatikanlah kondisi Anda apabila ingin mandi pada malam hari, tidak apa-apa dilakukan asal mandinya pakai air hangat. Jadi Mandi malam ternyata tidak menyebabkan rematik itu hanyalah mitos belaka.

    Related Posts: