Table of Content
    Hari baik dalam memotong rambut menurut kepercayaan masyarakat yang mana mereka mempercayai mitos yang berkembang bila mereka memotong rambut dihari yang baik maka ada keberkahan yang akan didapat nantinya.

    Mungkin kita bertanya-tanya masa bila kita mau potong rambut kita melihat hari yang baik. Namun apa salahnya bila kita melihat dari sisi baiknya saja.

    Hari Baik Memotong Rambut Menurut Islam dan Primbon

    Mitos Hari yang Baik Untuk Memotong Rambut

    Ada beberapa kepercayaan yang turun temurun yang diwariskan dalam kebudayaan masyarakat kita dimana hal ini dikaitkan dengan hari yang baik dan hari yang tidak baik untuk melakukan hal untuk beraktivitas. Seperti halnya kepercayaan dimana hari yang baik untuk melakukan potong rambut.

    Dimana mitos yang berkembang dimana potong rambut merupakan hal yang sakral yang tidak boleh dilakukan sembarang waktu. Hal ini dilakukan agar apa yang dilakukan bisa memberikan kebaikan dan dijauhkan dirinya dari kesialan.

    Apabila Anda mempercayai akan mitos dan rumor yang beredar selama ini maka simaklah hari apakah yang baik ntuk memotong rambut. Adapun yang kami bahas kali ini, hari yang baik memotong rambut dilihat dari sudut pandang Ilmu Islam, Primbon Jawa  sebagai berikut

    Hari Baik Memotong Rambut Menurut Islam

    Dalam pandangan dan pendapat imam-imam yang lain tak ada larangan dalam Syariat Islam dalam melakukan potong rambut akan tetapi ada suatu hari yang paling baik dilakukan dimana nilai amalan sunnah, dimana hari yang baik untuk memotong rambut adalah hari Jum'at.

    Namun yang tak boleh dilakukan dalam Islam terkait tentang potong rambut yakni dimana kegiatan ini yakni potong rambut harus melebihi 40 hari dari hari kita melakukan potong rambut.

    Dimana larangan ini terdapat pada hadist Riwayat Muslim dan Tirmidzi berikut :
    "Waktu untuk memotong kumis dan kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan hendaknya tidak melebihi 40 hari (HR. Muslim dan Tirmidzi)".

    Hari Baik Memotong Rambut Menurut Primbon

    Menurut pandangan masyarakt terdahulu dimana terkait dengan potong rambut, meskipun pandangan ini tidak sepenuhnya dari pemikiran orang terdahulu melainkan ada sumbangsih dari pemikir ulama Islam moderat.

    Berdasarkan pandangan Primbon Jawa ada hari baik dan tidak baik untuk memotong rambut sebagaimana berikut ini :
    • Hari senin Jika memotong rambut pada hariitu akan menjadikan lebih alim (pintar) dan fadil (utama)
    • Hari Selasa hendaknya jangan memotong rambut pada hari selasa karena ini menjadikan kebinasaan sehingga harus dijauhi
    • Hari Rabu Jika memotong rambut pada hari itu akan menjadikan buruk akhlak dan kebiasaannya.
    • Hari Kamis jika memotong rambut pada hari itu menjadikan rezeki dan kekayaan.
    • Hari Jum'at jika potong rambut pada hari itu menjadikan kebermanfaatan ilmu dan kesantunan
    • Hari Sabtu jika memotong rambut pada hari itu akan menjadikan penyakit yang akan menggerogoti tubuh
    • Hari Minggu jika memotong rambut hari itu menjadikan hilang keberkahan.
    Semoga pemaparan yang telah diungkap diatas dapat bermanfaat, boleh percaya boleh tidak kami kembalikan ke pribadi masing-masing.

    Related Posts: