Daftar Isi
    Anak tunggal dikenal dengan pribadi yang manja dan egois dan tidak bisa mandiri serta dia memiliki keegoisan yang tinggi. dimana keinginannnya serig kali ingin dipenuhi apabila tidak dipenuhi akan membuat dia akan marah dan ngambek.

    Terkadang jadi anak tunggal ada suka dukanya dimana menjadi anak tunggal pastinya membuat kita jadi pusat perhatian di rumah, kasih sayang yang diberikan oleh orang tua takkan terbagi lagi sama yang lain.


    Karakter yang Dimiliki Oleh Anak Tunggal

    Akan tetapi terkadang menjadi anak tunggal pastinya sangatlah kesepian dimana tidak ada teman bermain dan bercanda.

    Namun terkadang bila sudah menginjak dewasa mereka akan memiliki tanggung jawab yang sesuai dengan apa yang telah menjadi pengalaman hidupnya.

    Seperti bila dia masih memilki orang tua pastinya dia akan bersifat manja dimana karakter anak tunggal merupakan gabungan karakter sifat anatara anak sulung dan anak bungsu.

    Sehingga anak tunggal biasanya dan cenderung lebih senang dengan orang yang bersifat dewasa.

    Ada beberapa sifat yang sering diperlihatkan oleh anak tunggal yakni :
    • Memiliki ego yang yang berlipat ganda dimana dia menuntut orang-orang yang ada disekitanya agar dia yang diutamakan dalam berbagai hal.
    • Memiliki tanggung jawab dan sangat perhatian sehingga sering menjadi andalan
    • Anak tunggal lebih suka dengan lawan jenis yang berwajah dan bersikap dewasa.
    • Anak tunggal memiliki kadar idealis yang sangat tinggi .
    • Anak tunggal senang menggantungkan impian yang tinggi.

    Kelebihan dan Kekurangan Anak Tunggal

    Ada beberapa kelebihan yang dimiliki anak tunggal antara lain:
    • Anak tunggal memiliki hubungan yang  sangat dekat dengan orang tuanya dimana perhatian dan kasih sayang hanya terfokus pada dirinya semata-mata.
    • Dalam hidupnya seorang anak tunggal pastinya sudah terbiasa menjalankan tugas sendiri bahkan dalam menjalankan segala sesuatunya dilakukan dengan sendiri sehingga ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.
    • Sudah menjadi rahasia umum jika anak tunggal apapun yang diingini pastinya akan berusaha dipenuhi oleh orangtuanya sehingga anak tunggal dipastikan kebutuhan materi akan terpenuhi.
    Selain kelebihan ada juga kekurangan yang dimiliki anak tunggal yakni :
    • Anak tunggal biasanya memiliki kecenderungan lambat dalam mengambil keputusan karena tidak adanya teman ataupun saudara kandung yang bisa diajak untuk bertukar pikiran. Ini dapat diubah bila anak ini bisa bersosialisai dengan lingkungan sekitarnya.
    • Anak tunggal pastinya memiliki rasa kesepian dimana tak ada teman untuk bercerita dan bermain serta diajak bercanda. Sehinggaa anak tunggal cenderung memiliki sifat yang pendiam.
    • Anak tunggal selalu merasa aman karena orang tuanya akan selalu akan menjaganya dimana orangtua akan selalu berusaha ikut campur dalam pergaulan bahkan jika ada masalah yang dihadapi oleh anak tunggal ini. 
    Inilah beberapa fakta yang mengungkapkan tentang pribadi yang dimiliki oleh anak tunggal. Namun anak tunggal juga akan tumbuh dan menjadi anak yang penuh motivasi, dia akan selalu berambisi menjadi yang terbaik dalam segala bidang. Disinilah peranan kita sebagai orang tua janganlah terlalu berlebihan dalam mendidiknya, agar kelak dia mampu tumbuh seperti anak-anak yang lain.

    Artikel Terkait: