Table of Content
    Masyarakat yang ada di Indonesia tak pernah luput dari cerita-cerita mistis, yang selalu menyelimuti kehidupan masyarakat terutama di daerah pedalaman. Dimana cerita tentang mistis ini berkembang sejak dahulu kala sampai sekarang masih diyakini.
    Termasuk di wilayah Sulawesi banyak juga cerita mistis yang menjadi misteri sampai sekarang. Terkadang cerita mistis ini sangat digemari oleh orang bahkan sering dijadikan sebuah distinasi dalam perjalanan wisata mereka.


    Misteri Hantu yang Ada Di Sulawesi

    Walaupun cerita hantu pastinya menyeramkan namun orang penasaran ingin mengetahuinya, bahkan ada beberapa mencari dimana hantu ini berada dan bisa menampakkan dirinya.

    Bukan hanya di daerah Jawa dan Kalimantan terkenal akan makhluk gaibnya di Sulawesi Selatan dan Tenggara juga banyak kita kenal beberapa jenis hantu antara lain :

    1. Poppo

    Hantu pappo sering juga disebut sebagai hantu berjenis manusia terbang pada malam hari, dan pada saat terbang akan mengeluarkan suara seperti bunyi pok..pok...pok terkadang pula menirukan suara mirip anak kecil eak...eak...eak.
    Dan pada saat terbang hantu peppo akan meninggalkan ususnya di tempurung kelapa dan diletakkan di belakang pintu. setelah itu dia akan mencari buah-buahan, ikan,dan hasil kebun tak hanya itu hantu poppo juga akan memakan manusia terutama bayi yang baru lahir dan manusia yang sedang sekarat.
    Untuk mengenali ciri-ciri manusia yang menjelma jadi hantu peppo pada malam hari perhatikanlah saat siang hari matanya selalu memerah, suka meludah-ludah dan gesit dalam bekerja.  

    2. Parakang

    Sama hal dengan hantu peppo, parakang merupakan hantu manusia mirit siluman yang memangsa manusia  yang kebanyakan anak kecil, yang mana bila ada anak-anak dihisap oleh parakang tandanya perutnya akan sakit dan mengeluarkan darah sat buang air.

    Adapun ciri-ciri hantu parakang memiliki hidung agak merah, mata tajam dan memiliki bau khas dan sering kali dia mengcak-acak rambutnya sehingga wajahnya tak nampak. Akan tetapi kadang pula parakang mengubah dirinya menjadi binatang seperti kucing, angsa putih, kerbau dan lain sebagainya.

    3. Longga

    Hantu ini sangat terkenal di daerah Sulawesi Tenggara dimana hantu longga ini sering menyebunyikan anak kecil saat menjelang magrib. Badannya yang tinggi setinggi pohon kelapa dan berbentuk bayangan hitam.
    Pada saat anak-anak disembunyikan oleh hantu longga walaupun hanya disekitar rumah akan tetapi mereka yang mencari anak-anak yang disembunyikan takkan bisa terlihat dan anak-anak yang disembunyikan oleh hantu longga akan diberi makan cacing, kaki seribu dan binatang menjijikkan lainnya.

    4. Tallu Ana

    Tallu ana merupakan hantu roh seorang perempuan yang disaat kabut turun dia akan menampakkan dirinya. Hantu ini sama seperti longga yakni ska menyembunyikan anak kecil akan tetapi tidak diapa-apakan. Anak-anak yang disembunyikan biasanya disembunyikan di hutan selama 3 hari dan hantu Tallu Ana ini terkenal di daerah Sinjai Barat.

    5. Kandoleng

    Kandoleng merupakan hantu yang mirip kuntilanak yang ada di tanah Jawa, hantu perempuan yang berbaju putih serta punggungnya yang berlubang. Kandolleng sering memangsa anak-anak kecil pada saat malam hari suaranya yang khas sangat menakutkan dikalangan masyarakat sulawesi selatan dan sulawesi tenggara. Kandolleng sering muncul di pohon-poho yang berbatang besar dan berdaun lebat.

    6. Batitong

    Hantu ini sangat menyukai daerah yang kotor, seperti pembuangan sampah bahkan di tempat pembuangan kotoran manusia. Batitong merupkan sosok manusia yang menjelma menjadi hantu yang bisa muncul pada siang hari dan malam hari. 
    Pada malam hari batitong akan mencari mangsanya dengan cahaya yang keluar dari lubang hidungnya yang mana cahaya itu terlihat seperti bola api kecil. Saat itulah dia akan berjalan mencari mangsa terutama pada orang sakit yang sudah sekarat.

    7. Kandole

    Hantu cantik ini diyakini keberadaannya sejak ratusan tahun lalu oleh suku Tolaki tepatnya di daerah Sulawesi Tenggara. Hantu cantik ini sering menggoda pria, para pria yang tergoda akan diberi kenikmatan pada saat puncak kenikmatan yang diterima oleh pria ini maka nyawanyapun akan diambil sebagai tumbal. Jadi kenikmatan yang diberikan oleh kandole seharga dengan nyawa pria tersebut.

    Itulah beberapa hantu yang masih dipercayai sampai sekarang, apa
    Related Posts: