Table of Content
    Indonesia terdiri dari berbagai macam budaya, adat istiadat dan bahasa. Dari sinilah menjadi keunikan sendiri bagi kebudayaan Indonesia.

    Jadi jangan salah kalau dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia yang memiliki beragan tradisi yang berbeda-beda tiap daerah.Yang mana tradisi ini sangat ekstrim dan unik hanya bisa dijumpai di Indonesia.

    Beberapa Tradisi yang Ekstrim dan Unik di Indonesia

    Baca juga : Ritual-ritual yang Tak Masuk Akal dan Teraneh di Dunia

    Mengenal Tradisi Ekstrim dan Unik Di Indonesia

    Tradisi inilah mampu membuat Indonesia terkenal dimanca negara dan menjadi satu primadona untuk dijadikan sebagai wisata budaya.Adat istiadat dan tradisi inilah yang pastinya kita bangga sebagai orang Indonesia dimana hal ini hanya bisa ditemukan di tanah air kita ini.

    Inilah beberapa tradisi yang masih bisa kita dapat di Indonesia dan terasa ekstrim dan unik diantaranya :

    1. Ritual Tiwah (Kalimantan Tengah)

    Adapun tradisi khusus yang dilakukan oleh masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah untuk orang yang sudah lama meninggal. Inilah tradisi upacara Tiwah, dimana suku Dayak akan melakukan ritual pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung.

    Dalam ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga,selain itu ritual ini dilakukan agar kesialan bagi keluarga yang telah ditinggalkan bisa dilepaskan.

    2. Tradisi Potong Jari (Papua)

    Tradisi ini sangatlah ekstrim yang dulu dilakukan oleh Suku Dani yang  ada di Papua namun hal ini sudah banyak yang meninggalkannya tradisi ini. Potong jari ini merupakan tradisi yang menunjukkan kesedihan karena ditinggalkan oleh anggaota keluarga.

    Dimana bagi masyarakat Suku Dani tangan merupakan suatu perlambang akan bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga.

    3. Tradisi Meruncingkan Gigi (Kalimantan)

    Kecantikan bagi Suku Mentawai haruslah memiliki kreteria tersendiri adapun kreteria tersebut yakni tubuh haruslah dihiasi tato, telinga haruslah panjang dan yang ketiga giginya haruslah runcing.

    Tradisi meruncingkan gigi inilah yang diyakini akan menambag kecantikan sang wanita.

    4. Tradisi Pemakaman Suku Minahasa

    Adapun tradisi yang dimiliki suku minahasa dalam ritual pemakaman yang beda dengan tradisi lainnya dimana suku Minahasa memposisikan jenasah duduk sambil memeluk kakinya bukan dalam posisi tidur.

    Tradisi pemakaman seperti ini menurut kepercayaan, melambangkan keadaan suci dan membawa kebaikan. Dimana dalam keadaan posisi duduk arah posisinyapun harus menghadap ke utara. Hal ini dikarenakan adanya cerita turun temurun dari nenek moyang orang Minahasa.

    5. Tradisi Pasola (Sumba)

    Tradisi pasola sangatlah ngeri dan menakutkan dimana Pasola sendiri merupakan nama perang ritual berdarah yang dilakukan oleh dua kelompok laki-laki yang terpilih di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Dimana para lelaki ini menaiki kuda dan melukai satu sama lainnnya denag tobak kayu. Yang mana kepercayaan mereka bahwa setiap darah yang menetes dari tubuhnya dapat menyubrkan tanah dan akan bermanfaat bagi panen berikutnya.

    6. Ritual Ma'Nene (Sulawesi Selatan)

    Ritual ma'nene ini ada di masyarakt suku Toraja, yang mana ini merupakan suatu ritual penghormatan leluhur mereka dengan cara menggali kubur mereka dan mengganti pakaian dan mendandaninya kemudian dibawa pulang ke rumah.

    Masyarakat Toraja meyakin bahwa roh leluhur tidak akan pernah meninggalkan keluarganya dan akan selalu membantu keluarganya.
    Konon dengan ilmu yang dimiliki, mayat leluhur ini bisa berjalan dan datang ke rumahnya sendiri.

    7. Ritual Persembahan Kepala Manusia (Maluku)

    Mungkin tradisi ini sudah tidak ada lagi karena bertentangan dengan hukum Indonesia, namun perlu diketahui dulu tradisi ini dilakukan oleh Suku Naulu di Maluku dimana tradisi ini mempersembahkan kepala manusia yang dipercaya dapat menjaga rumah adat mereka.

    Selain itu  juga bertujuan sebagai mas kawin ketika seorang pria ingin meminang seorang istri namun hanya berlaku untuk para bangsawan yang ada disuku itu.

    Dan Memenggal kepala orang termasuk ritual pendewasaan, seorang pria dibilang dewasa apabila dia sudah memakai ikat kepala mereka adapun cara mendapatkan ikat kepala merah itu harus dengan memenggal kepala seseorang.

    8. Tradisi Ngayau (Kalimantan)

    Sama dengan tradisi penggal kepala di Suku Naula Maluku, namun yang membedakan pemenggalan kepala ini dilakukan kepada musuh. Dimana arti kata ngayau sendiri berarti memburu kepala musuh.

    Pemenggalan kepala musuh merupakan bagian dari upacara inisiasi untuk meningkatkan status seseorang dimana kepala-kepala tersebut biasanyadikeringkan ataupun diawetkan untuk menjaga mereka dari malapetaka.

    Tradisi ngayau sempat terjadi di beberapa tahun lalu dimana dikenal dengan tragedi Sampit dimana banyaknya korban yang berjatuhan dari orang Madura.

    Inilah beberapa tradisi yang ekstrim dan unik yang ada di Indonesia, masih banyak tradisi-tradisi yang unik yang belum diungkap diatas. Semoga ini dapat menambah wawasan kita, marilah kita menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada di negara kita tercinta.

    Related Posts: