Table of Content
    Begitu banyaknya misteri yang ada di elahan bumi ini termasuk yang ada di Indonesia. Terkadang misteri in tidak terungkap namun ada juga yang bisa terungkap . Seperti akan halnya kisah tentang Misteri Sumur Tua dan Kuburan Keramat Yang Ada di sebuah kota perbatasan Indonesia dan Malaysia tepatnya di Nunukan yang diyakini sampai sekarang memiliki kisah mistis didalamnya.

    Awal mula muncul kisah ini menurut penuturan masyarakat disekitar tempat itu berdasarkan kisah turun temurun yang mereka dengar. Sumur tua itu sudah ada sejak zaman Belanda, dimana sumur itu digunakan oleh orang Belanda untuk di dipakai di markas mereka.

    Misteri Sumur Tua dan Kuburan Keramat di Nunukan

    Dibalik Kisah Sumur Tua dan Kuburan Keramat

    Setelah Bangsa Indonesia merdeka sumur tersebut ditinggalkan dan menjadi sumur umum oleh masyarakat disekitarnya. Dimana sumur tersebut tepatnya berada dibelakang pemukiman mayarakat di Jalan Radio Nunukan.

    Sejak Bertahun-tahun sumur ini digunakan masyarakat untuk keperluan mandi dan mencuci, namun ada cerita menarik yang mengandung misteri didalamnya. Dimana setiap ada masyarakat yang ingin mandi saat malam tiba, selalu ada kejadian yang aneh terdengar.

    Seperti kisah paruh baya ini yang baru tiba dari luar daerah, karena gerah dia mau pergi mandi disumur itu, setibanya disekitar sumur itu sudah gelap. Namun belum sampai dia disumur sekitar 10 meter dari sumur, dia mendengar percikan air orang lagi mandi. Sebagai pendatang tentunya dia merasa segan untuk bergabung untuk mandi jadi dia menunggu sampai orang yang mandi  tadi selesai.

    Sudah lama dia menunggu namun orang itu belum selesai juga mandi, akhirnya dia memberanikan diri untuk mendekati sumur itu untuk ikut mandi, setibanya disana alangkah kagetnya dia  disumur tak ada siapapun dan lantai sumur tersebut dalam keadaan kering dengan rasa takut orang tersebut langsung lari terbirit-birit.

    Semenjak sering terjadinya kejadian-kejadian aneh yang dialami oleh masyarakat. Akhirnya masyarakat menjadi takut ke sumur jika malam hari.

    Baca juga : Legenda Sumur-sumur yang Luber

    Sebab Musabat Selalu Terdengar Hal Yang Aneh di Sekitar Sumur Tua 

    Setelah bertahun-tahun lamanya tepatnya ditahun 1998 ada seorang ibu mengalami mimpi yang aneh, dimana mmpi tersebut ibu itu didatangi seorang datuk (sebutan untuk seorang bangsawan Suku Tidung) dimana dia berkisah kepada ibu tersebut kalau dia pernah hidup ratusan tahun lalu dan disaat dia meninggal dia tidak dikubur.

    Dan kemudian Datuk ini menunjukkan tempat tersebut dan meminta untuk dibangunkan sebuah kuburan. Dan anehnya ibu tersebut bukan orang yang tinggal disana dan tidak pernah ke tempat tersebut. Dalam mimpi ibu tersebut, Datuk menunjukkan sebuah sumur dan disampingnya nanti tempat kuburannya.

    Dan setelah terbangun dari tidurnya, keesokan harinya ibu ini pergi bersama suaminya ke tempat yang ditunjukkan dalam mimpinya. Sesampainya disumur tersebut, ibu ini kaget karena apa yang dialami dan dilihat di mimpinya sama persis dengan dilihatnya sekarang.

    Setelah itu dengan persetujuan masyarakat dan ketua adat maka ibu ini membangun sebuah kuburan seperti yang diinginkan Datuk dalam mimpinya yakni di samping sumur tersebut.
    Sejak adanya kuburan keramat tersebut tidak ada lagi yang mau mandi dan mencuci di sumur itu.

    Dan masyarakat meyakini selama ini yang mereka alami, bahwa apa yang didengar adalah roh gentayangan dimana roh orang mati disekitar sumur tidak dikuburkan dengan baik sehingga menjadi gentayangan.

    Itulah kisah mistis tentang misteri sumur tua dan kuburan keramat yang ada di Nununkan Kalimantan Utara. Semoga ini menjadi refensi buat kita semua.
    Related Posts: