Table of Content
    Kelelawar di Soppeng merupakan binatang yang berbeda dengan populasi kalong ( kelelawar ) yang pada umumnya menyukai berhabitat di tempat terisolasi seperti gua atau hutan lebat, tetapi yang berbeda dari kelelawar ini adalah mereka lebih memilih bersarang di pepohonan tengah kota dan di tempat yang dekat dengan keramaian.

    Kelelawar ini  merupakan binatang yang sangat dilindungi oleh pemerintah kota Soppeng. Banyaknya kelelawar yang bergantungan di pohon-pohon yang besar tidak terusik oleh kebisingan yang ada dipusat perkotaan. Kalong ini malah asyik dengan tidurnya.

    Dan bila senja telah tiba akan kita lihat bagaimana kalong-kalong ini bersamaan terbang untuk mencari makan. Pemandangan yang jarang dilihat di perkotaan-perkotaan yang ada di Indonesia. Itulah mengapa kota Soppeng dikenal dengan julukan Kota Kalong. Selain itu ada keunikan serta mitos sekitar kelelawar Soppeng ini.

    Mitos Tentang Kelelawar yang Unik Berada di Kota Soppeng

    Keunikan Serta Mitos Akan Kelewar Soppeng 

    Jika Anda memasuki kota Soppeng, kelelawar akan banyak nampak dipohon-pohon asam bergelantungan di tengah kota, ada keunikan sendiri akan binatang ini. Kelelawar Soppeng beda dengan kelelawar lainnya.

    Inilah Keunikan Kelelawar Soppeng 

    Salah satu keunikan dari kelelawar soppeng adalah ia tidak pernah memakan buah buahan yang ada di sekitar kota Soppeng. Yang mana kita tahu bahwasanya kelelawar sangat senang makan buah-buahan namun kenyataannya kelelawar Soppeng takkan memakan buah-buahan disekitar kota Soppeng.

    Sesuai cerita rakyat, konon raja Soppeng dan raja kelelawar sempat membuat perjanjian sebelum kelelawar tinggal di Soppeng.Salah satu isi perjanjian tersebut adalah kelelawar yang ada di Soppeng tidak boleh memakan buah yang ada di kota Soppeng, sehingga wajar hingga saat ini buah buahan yang ada di kota tersebut tidak di makan oleh kelelawar yang ada di sekitarnya.

    Baca juga :  Misteri Villa Yuliana yang Ada Di Soppeng

    Beberapa Mitos Kelelawar Soppeng

    Mitos yang berkembang di dalam masyarakat Soppeng yang masih diyakini sampai sekarang dimana mengenai tentang kelelawar ini. Mereka mempercayai, jika seseorang dikencingi oleh kelelawar ini merupakan pertanda bahwa orang ini dalam waktu dekat akan meninggal.

    Cerita lainnya yang berkembang adalah jika kelelawar di Soppeng menghilang dalam beberapa minggu,maka itu pertanda akan terjadi peristiwa besar di kota tersebut.Dari beberapa kejadian hal tersebut pernah terbuktikan saat kelelawar meninggalkan kota Soppeng dan saat itu juga terjadi kebakaran.“Pernah di tahun 1990’an kalong disini menghilang beberapa hari dan tidak lama setelah itu terjadi kemarau panjang dan kebakaran besar juga terjadi,” ucap salah satu warga.

    Dan ada lagi cerita menariknya, konon apabila ada orang luar yang datang ke kota Soppeng dan terkena kotoran kelelawar,maka itu menandakan , orang tersebut,akan berjodoh dengan orang Soppeng.

    Tapi kembali lagi kepada seluruh pencipta Alam ini,bahwasannya jodoh, musibah, kematian, bahkan bencana merupakan takdir yang telah di atur untuk kita.Dan kisah ini hanyalah mitos dan tidak bisa di yakini kebenarannya. Semoga ini bermanfaat.
    Related Posts: