Table of Content
    Apalah arti sebuah nama, kadang kita sering mendengar anak-anak jaman now mengatakan hal ini, namun orang -orang terdahulu memberikan nama kepada anak-anaknya dengan arti yang mendalam agar kelak apa yang diimpikan bisa tergapai.

    Disinilah kita akan mengungkap bagaimana primbon Jawa mengetahui arti nama seseorang, sehingga nama yang diberikan bisa memiliki arti dan nasibnya kelak baik dimasa yang akan datang.

    Salah satu yang bisa menggambarkan karakter seseorang bisa dilihat dari nama. Dimana nama memiliki arti dan karakternya sendiri. Dimana karateristik ini dibentuk oleh karakter yang dibawa sehingga setiap individu pada akhirnya mempunyai keunikan dan ciri khas yang mana bisa membedakan dirinya dengan orang lain.

    Primbon Jawa Mengetahui Arti Nama

    Kecocokan Nama Bisa Mengetahui Nasib Seseorang 

    Terkadang seseorang telah menyiapkan nama anaknya sebelum lahir, dimana ini dilakukan agar dapat menentukan peruntungan dan bakat anak dengan perencanaan perhitungan untuk menentukan nama yang memiliki arti dan nasib yang baik.

    Sering kali nama seseorang bahkan nama usaha diganti disebabkan karena ejaan yang susah diingat atau di ucapkan terkadang pula nama seseorang diganti karena sering kali bernasib buruk, sering sakit-sakitan yang mana orang mempercayai hal tersebut karena alasan keberatan nama.

    Yang mana kita ketahui bahwa tujuan dari mengganti nama agar dapat mendapatkan keberuntungan atau tujuan merubah nasib menjadi lebih baik.

    Baca juga : Primbon Jawa Kuno Arah Jodoh Menurut Hari Lahir

    Mengetahui Berat Nama Seseorang

    Terkadang nama dibilang berat sehingga bisa menyebabkan kesialan. Baik buruknya nama bisa diasumsikan dimana memiliki poin yang berbeda.

    Dalam perhitungan Jawa seperti
    • Ha, da, pa, ma masing-masing ini dinilai 1 
    • Na, ta, dha, ga,masing-masing dinilai 2
    • Ca, sa,ja, ba masing-masing dinilai 3
    • Ra, wa, ya,tha nilai masing-masing 4 
    • Ka, la, nya, nga nilainya 5
    Dimana angka-angka ini digunakan untuk menghitung poin total dari nama seseorang yang dijumlahkan dari poin tiap-tiap penggalan suku kata. Dalam perhitungan nama ala Jawa, dimana huruf hidup (A, I, U,E, O) yang berdiri sendiri tak ikut serta dihitung yang berarti nilainya = 0

    Misalkan bila kita hitung keseluruhan nama Susanto dimana Su (sa=3) + san (sa=3) + to (ta=2) = 8

    Kemudian skor total nama itu diproyeksikan pada lima unsur dimana kelima unsur ini mencakup :
    • Satu (Sri)
    • Dua (Lungguh)
    • Tiga (Gedhong)
    • Empat (Loro)
    • Lima (Pati)
    Dalam menghitung bila habis kelipatan lima, hitungan akan kembali diawali dari angka satu (Sri) sampai lima (Pati), seperti itu seterusnya.

    Dimana tadi perhitungan poin untuk Susanto yakni 8 jadi kita mulai hitung satu (Sri), Dua (Lunggah), Tiga (Gedhong), empat (loro), lima (Pati), enam (Sri), tujuh (Lungguh), delapan (Gedhong) Jadi nama Susanto yang mana total hitungannya tadi 8 jatuh pada unsur "Gedhong"

    Adapun arti kelima unsur tersebut memiliki arti  konotasi yang berbeda yakni :
    • Sri berarti memiliki arti yang positif (bersuka ria, kemakmuran, kemujuran, mulia, dan berhasil segalanya)
    • Lungguh dan Gedhong mengandung arti yang positif pula, dimana merajuk pada hal yang bagus dalam kedudukan (jabatan) dan ekonomi (harta) namun ada kekurangan disisi lain seperti sakit, rumah tangga diselingi cekcok atau kurang harmonis.
    • Loro memiliki konotasi negatif dimana membuktikan hidup tersendat-sendat, sakit-sakitan, kurang beruntung, banyak sial, banyak menderita.
    • Pati juga memiliki konotasi negatif dimana menyimpan makna usia yang pendek.
    Inilah arti nama menurut primbon Jawa, ini setidaknya dapat memberi motivasi pada diri anda. Namun bisa dipercaya akan ramalan ini bisa tidak. Intinya kita kembalikan kepada Tuhan yang Maha Esa.

    Baca juga :   Primbon Jawa, Karakter Seseorang Berdasarkan Weton Kelahirannya
    Related Posts: