Table of Content
    Dalam tradisi kita terutama dengan masyarakat Jawa, jodoh, perkawinan dan nasib kehidupan rumah tangga selalu dikaitkan dengan kecocokan weton kelahiran. Kali ini kita akan membahas tentang primbon Jawa kuno arah jodoh menurut hari lahir.

    Dimana kita ketahui primbon Jawa merupakan suatu ilmu sistem perhitungan atau ramalan terhadap segala persoalan kehidupan manusia, baik itu mengenai prilaku, watak, tata letak, arah, hari dan lain-lain. Dimana ini sangatlah diyakini oleh masyarakat secara turun temurun terutama masyarakat Jawa.

    Primbon Jawa Kuno Arah Jodoh Menurut Hari Lahir

    Baca juga : Apakah Kita Berjodoh ? Mari Kita Kecocokan Berdasarkan Nama

    Mengetahui Arah Jodoh Berdasarkan Weton

    Kecocokan pasangan bisa dihitung dari weton kedua pasangan karena weton mengandung watak dan nasib seseorang.

    Jika hasil perhitungan weton kedua pasangan tidak ditemukan hasil yang baik untuk menghindari kemungkinan yang buruk yang mungkin akan terjadi maka dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus dan tertentu

    Untuk mengetahui arah jodoh kamu berdasarkan hari lahir, Anda bisa mempelajari sendiri cara menghitung weton Anda dan orang lain.

    Cara Menghitung Weton Jodoh Dengan Penjumlahan Neptu

    Sebelumnya tentukan hari kelahiran dan pasaran / weon masing-masing pasangan baik wanita maupun pria. Tentukan neptu dan pasaran masing-masing lalu jumlahkan.

    A. Neptu Hari
    Adapun perhitungan neptu hari sebagai berikut :
    • Minggu :  5
    • Senin    :  4
    • Selasa   :  3
    • Rabu    :  7
    • Kamis   :  8
    • Jum'at   :  6
    • Sabtu    :  9
    B. Pasaran
    Adapun perhitungan pasaran yaitu
    • Legi        :  5
    • Pahing    :  9
    • Pon         :  7
    • Wage      :  4
    • Kliwon   :  8
    Adapun contoh perhitungannya seperti jika pasangan lelaki lahir pada Minggu Legi (Minggu = 5 +  Legi = 5 jadi bila dijumlahkan 5 + 5 = 10) sedangkan pasangan wanita lahir di hari Selasa Wage (Selasa = 3 + Wage = 4 jika dijumlahkan 3 + 4 = 7). Bila digabungkan akan bermakna 10 + 7 = 17 atau datang pegat.

    Berikut penjelasan menurut hasil dari penjumlahan weton tersebut :
    1. Pegat
    Dimana pasangan ini kemungkinan akan sering menemukan masalah di kemudian hari dimana masalah ini bisa dari masalh ekonomi, kekuasaa, perselingkuhan diana ini isa menyebabkan pasangan ini bisa bercerai
    2. Ratu
    Dimana pasangan ini termasuk memang sejodoh dimana tetangga maupun lingkugan sekitarnya akan menghargai dan akan disegani. Bahkan keharmonisan yang ditunjukkan membuat banyak orang iri melihatnya.
    3. Jodoh
    Dimana pasangan ini benar-benar berjodoh dan sangat cocok walaupun ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing mereka saling menerima. Rumah tangga yang dibinanya akan rukun sampai tua.
    4. Topo
    Dimana pasngan ini dalam membina sebuah rumah tangga akan pada awal-awalnya mengalami pahit getirnya menjalani rumah tangga masalh tersebut bisa saja karena masalh ekonomi namun pada akhirnya akan hidup bahagia dan sukses.
    5. Tinari
    Dimana pasangan ini akan menemukan kebahagiaan, dala mencari rezeki akan gampang dan hidupnya tidak akan kekurangan yang mana dalam hidupnya akan sering mendapat keberuntungan
    6. Padu
    Dimana pasngan ini dalam menjalankan kehidupan berumah tangga akan sering mengalami pertengkaran akan tetapi walaupun mereka sering bertengkar tidak sampai membawa sampai kejenjang perceraian. pertengkaran yang terjadi dengan pasangan ini hanya dipicu karena hal-hal yang sifatnya cukup sepele
    7. Sujanan
    Dimana pasangan ini dalam menjalankan biduk rumah tangga selalu akan mengalami pertengkaran dimana pertengkaran ini dipicu karena adanya perselingkuhan dianatara mereka. Bisa saja perselingkuhan ini dimulai dari pihak laki-laki bisa juga berasal dari perempuan
    8. Pesthi
    Dimana pasangan ini dalam berumah tangga akan mengalami keharmonisan rukun, tentram sampai tua, meskipun ada masalah namun tidak akan merusak keharmonisan keluarga.

    Cara Menghitung Weton Jodoh dan Sisa Neptu

    Adapun caranya yaitu :
    1. Tentukan hari kelahiran dan pasaran / weton masing-masing pasangan baik pria maupun wanita
    2. Lalu tentukan neptu masing-masing, kemudian jumlahkan
    3. Contohnya Jika pria lahir Sabtu Kliwon (9 + 8 = 17) dan wanita lahir pada Jum'at Legi (6 + 5 = 11) maka jumlah neptu pria dan wanita 17 + 11 = 28.
    4. 3.Adapun cara menghitung weton jodoh selanjutnya dengan membagi keduanya dengan angka 7. Misalkan 28 : 7 = 4 karena tidak ada sisanya atau pas diagi 7 maka bisa dikatakan sisanya adalah 7
    Dibawah ini hasil pembagian weton kedua pasangan :
    • Bila Sisa 1 Wasesasegara dimana ini berarti besar budinya, kaya dan besar wibawanya.
    • Bila sisa 2 Tunggaksemi dimana ini berarti sedikit rezekinya
    • Bila sisa 3 Satria wibawa dimana ini berarti dapat kemulyaan dan keluhuran tinggi
    • Bila sisa 4 Sumur sinaba yang berarti akan banyak orang datang untuk berguru
    • Bila sisa 5 Satria wirang yang artinya sering susah, sering malu akibat tindakannya sendiri dan suka difitnah orang. Untuk menolak hal tersebut bisa dilakukan dengan mendem lemah/mengubur tanah saat akan ijab kabul pengantin.
    • Bila sisa 7 Lebu ketiup angin yang mana ini berarti sering mendapatkan kesusahan, yang mana apapun yang dicita-citakan tidak akan tercapai, sering pindah rumah. Adapun cara untuk menolak bala bisa dilakuan dengan cara abul lemah/menabur debu saat akan ijab kabul pengantin.
     Inilah beberapa ulasan mengenai primbon jawa kuno arah jodoh menurut hari lahir. Bila Anda tidak mengerti dan faham silahkan bertanya langsung ke ahlinya. Semoga ini bisa bermanfaat dan berguna.

    Related Posts: