Table of Content
    Mitos takkan habis untuk bisa dibahas, tak tahu dari mana dan bagaimana munculnya akan mitos ini. Dalam masyarakat toraja menyakini bahwa apa yang terlihat pada kelakuan hewan-hewan tersebut sebagai pertanda bagi Anda, apakah itu pertanda baik maupun pertanda buruk.


    Mitos Tentang Binatang Di Masyarakat Toraja

    Ada beberapa binatang yang dianggap sebagai pertanda yang mendatangkan srti tertentu bagi masyarakat Toraja yaitu :

    1. Kucing

    Jika ada kucing yang berkelahi pada malam hari pertanda ia sedang berkelahi dengan roh jahat, begitupun jika ada kucing menjilat kaki depannya serta mengusap-usapkan mukanya itu berarti tuannya akan mendapatkan daging.

    2. Burung Hantu (Totosik)

    Apabila hewan ini berbunyi malam hari di sekitar daerah tersebut pertanda ada anggota keluarga/kerabat yang akan meninggal dalam waktu dekat.

    3. Burung Elang Malam (Kassak)

    Hewan inipun diyakini sebagai pembawa pesan kematian, yang mana bila terdengar berbunyi beberapa malam dilingkungan tersebut pertanda akan ada orang yang akan meningggal

    4. Ayam

    Bila ada ayam betina sedang berkelahi pertanda ada keluarga dari jauh akan datang.

    5. Biung-biung

    Biung-biung merupakan sejenis burung kecil yang mana bila dia mengeram di siang hari pertanda ada yang akan meninggal atau bunuh diri.

    6. Ular hijau

    Ulur hijau bila kita berjumpa itu merupakan pertanda baik dan tidak boleh di bunuh.

    7. Katak (I'duk)

    Jika kita dalam perjalanan lalu terdengar suara katak berbunyi kak dan hanya sekali berbunyi maka itu pertanda Anda akan terkena bahaya. Untuk menghindari hal itu ambillah rumput kering dan lemparkan ke katak tersebut sambil berucap "engkau yang kering dan saya yang segar" yang artinya kepadamulah segala yang tidak baik, tetapi yang baik itu kepadaku. Dan apabila katak berbunyi di malam hari maka hantu yang akan menangkapnya.

    8. Kupu-kupu Besar

    Bila ada kupu-kupu besar masuk pada malam hari di rumah pertanda  akan ada tamu yang datang dalam waktu dekat.

    Inilah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat Toraja. Bagaimana dengan daerah kalian apakah sama dengan mitos yang ada di daerah Toraja.
    Related Posts: