Table of Content
    Perfilman sekarang banyak menampilkan hal-hal yang membuat adrenali kita terpacu, dimana banyaknya film-film yang menampilkan tentang hal-hal yang menakutkan dan penuh dengan hal-hal yang berbau mistis.

    Yang mana dulu pernah kita dengar dari cerita-cerita orang dulu, sekarang banyak yang  diangkat dalam layar lebar, seperti pocong, sundel bolong, suster ngesot, jelangkung, tuyul dan masih banyak lagi. Walaupun film-film ini dibumbui dengan versi yang menarik sehingga orang ingin menontonnya.

    Begitupun dengan di daerah-daerah yang ada di Indonesia, pastinya ada beberapa lagenda yang masih melekat diingatan kita. Seperti halnya wejangan dan cerita orang tua dulu akan makhluk halus yang ada di alam ini. Sebagaimana dengan orang Tidung yang ada di Kalimantan Utara meyakini akan hantu atau makhluk halus ini.

    Makhluk Terseram yang  Ada Di Kalimantan Utara

    Baca juga : Hantu Penghisap Darah Dari Kalimantan yang Sangat Menakutkan

    Beberapa Makhluk Gaib yang Diyakini Oleh Orang Tidung

    Kalimantan Utara mengenal beberapa mahkluk-mahkluk menyeramkan yang ada didaerahnya. Orang- Suku Tidung dulu sering menyimpan potongan ikan hiu gergaji dibelakang pintu serta daun kelor yang dianggap bisa mengusir roh-roh jahat.

    Adapun sosok-sosok makhluk seram yang diyakini oleh orang-orang Tidung seperti :

    Tumber Bauk

    Menurut cerita orang-orang dulu tumber bauk ini memiliki bentuk yang menyerupai seperti sapi dan akan hanya keluar pada tengah malam khususnya malam Jum'at.

    Bebelan

    Adapun cerita para orang tua dulu dimana babelan merupakan sosok makhluk yang mencari darah pada malam Jum'at

    Andau

    Andau menurut cerita orangtua dulu, mahkluk seram yang memilki kaki terbalik yang akan berdiam di belakang rumah, ada juga yang mengatakan hantu andau merupakan hal yang tak nampak akan tetapi sering mengeluarkan tangis yang sangat keras sekali, sehingga jika ada anak-anak menangis saat tertidur maka orang Tidung akan mengucapkan kata-kata anja-anja andau".

    Puntianak

    Puntianak merupakan makhluk seram yang senang mencari wanita yang sedang hamil tua untuk diambil janin bayinya, ada juga yang mengatakan puntianak itu tinggalnya di pohon yang banyak benalunya dan bila ada anak yag berambut panjang dan tidak mengikat rambutnya maka diambilnya untuk dijadikan anak.

    Baca juga : Hantu-hantu Apa Saja Yang Mengerikan Di Sulawesi

    Parakang

    Parakang merupakan makhluk halus yang memiliki mata merah dan bergigi taring dengan wajah berdarah.

    Aki Ungkung

    Aki ungkung merupakan makhluk halus yang sering berkeliaran saat magrib dan senang berbaring di atas kasur tanpa ada yang melihat.

    Sitan Tengkayu

    Sitan Tengkayu menurut orangtua dulu Mahkluk halus yang berdiam dipinggir laut didalam hutan mangrove.

    Jernun

    Menurut orang tua dulu jernun merupakan hantu laut yang berdiam diair berlimbu dan akan nampak dimalam hari berbentuk api di laut gelap ada juga yang mengatakan jernun itu berbentuk burung dengan mata yang merah.

    Indalau

    Menurut orang tua dulu indalau merupakan makhlik gaib yang gemar menyembunyian anak kecil di balik pintu atau dibawah kolong rumah atau biasa juga di dalam rimbunan pohon belungis sejenis pohon palem dengan daun berduri.

    Bebalan

    Bebalan merupakan hantu yang sama dengan parakang dan leak yang memiliki mata merah dengan kepala terbang dengan isi perutnya untuk mencari darah.

    Itulah beberapa makhluk halus yang melegenda orang Tidung yang mana hal ini menjadi suatu warisan cerita mistis yang masih banyak dipercayai sampai sekarang. Semoga ini bisa menjadi refensi wawasan kita. Boleh percaya boleh tidak kita kembalikan ke pribadi masing-masing.

    Baca juga : Apakah Anda Berani ? Inilah Makhluk Gaib Terseram Di Toraja !
    Related Posts: